Brilio.net - Beredarnya undangan pesta bikini bagi anak SMA pascakeluusan UN di Jakart, tentunya membuat miris. Sejatinya perayaan berakhirnya UN adalah bersyukur karena masih bisa diberikan untuk mengikuti ujian, sehingga kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terbuka lebar-lebar.

Dari pada melakukan hal-hal yang tidak berguna seperti corat-coret maupun berfoya-foya, apalagi pesta bikini, lebih baik para siswa melakukan berbagai kegiatan positif. Sudah banyak kegiatan positif yang dilakukan selepas UN yang bisa ditiru, seperti siswa-siswa sekolah berikut ini:

1. SMKN 1 Garut sumbang seragam
Program yang amat positif ini dilakukan oleh para siswa angkatan 2013. Di mana mereka menyumbangkan seragam SMA mereka yang tidak terpakai kepada adik kelas atau orang lain yang membutuhkan.

2. SMK Pertanian dan Pembangunan Bondowoso basuh kaki guru
Lain cerita dengan para siswa siswi sekolah kejuruan Bondowoso angkatan 2014 ini. Mereka lebih memilih cara lain guna mengungkapkan rasa syukurnya, yakni dengan cara membasuh kaki para guru mereka. Uniknya air yang digunakan didapat dari 7 sumur yang berbeda. Menurut mereka hal ini sebagai bentuk terima kasih kepada para guru yang sudah membimbing selama di sekolah.

3. SMAN 3 Yogyakarta bagi-bagi nasi bungkus
Perayaan kelulusan UN bisa juga diartikan berbagi perasaan bersyukur kepada sesama. Salah satunya dengan membagikan 600 nasi bungkus kepada para tukang becak, pedagang kaki lima, pemulung oleh para siswa dari SMAN 3 Yogyakarta angkatan 2011.

4. SMAN 48 Jakarta pakai baju adat nusantara
Dari pada mencorat-coret baju seragam, lebih baik mencontoh siswa-siswi ini. Siswa SMAN 48 Jakarta angkatan 2013 ini justru merayakan kelulusan UN dengan memakai pakaian adat daerah masing-masing sebagai upaya untuk lebih mencintai budaya nusantara.

5. Madrasah Qudsiyyah Kudus ziarah makam Wali Songo
Perayaan kelulusan UN bisa juga dengan memanjatkan doa kepada para sunan, seperti yang dilakukan oleh siswa Madrasah Qudsiyyah Kudus angkatan 2010. Sebagai bentuk rasa syukurnya, mereka langsung mengadakan ziarah ke makam 3 sunan yakni Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kalijaga.

6. SMK PGRI 2 Ponorogo lakukan khataman alquran
Siswa SMK PGRI 2 Ponorogo angkatan 2014 ini lebih memilih tetap berada di sekolah selama perayaan kelulusan UN. Mereka mengadakan doa bersama dan khataman alquran di halaman sekolah, dipandu oleh para guru dan kepala sekolah.

7. SMAN 1 Panarukan Situbondo lakukan donor darah
Ada banyak cara untuk merayakan kelulusan UN, salah satunya dengan donor darah. Kegiatan positif yang dilakukan oleh siswa SMAN 1 Panarukan Situbondo angkatan 2013 ini tak hanya diikuti oleh siswa kelas XII saja, namun juga oleh siswa kelas X dan XI sebagai bentuk rasa syukur.