Brilio.net - Dalam merintis sebuah startup, kegagalan adalah hal lazim terjadi. Seorang entrepreneur juga harus memahami jika kegagalan adalah salah satu bagian penting dalam meraih tangga kesuksesan. Setelah mengalami kegagalan berkali-kali, entrepreneur akan belajar dari kesalahan sehingga akan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Para entrepreneur juga harus berani menulis jenis kegagalan yang kemungkinan bakal mereka alami. Dengan mengacu pada catatan tersebut, mereka akan bekerja lebih keras dan cerdas agar prediksi kegagalan itu tidak terjadi. Lalu apa pertanda sebuah startup bakal meraih kesuksesan? Dilansir brilio.net dari forbes, Selasa (1/12), berikut ciri-ciri startup yang diprediksi bakal mengalami sukses besar.

1. Produk yang ditawarkan sangat dibutuhkan pasar

Penyebab utama sebuah startup mengalami kegagalan adalah karena produk yang mereka tawarkan tidak benar-benar dibutuhkan masyarakat. Jika kamu ingin membuat sesuatu, pastikan dahulu apakah produk tersebut memang dicari dan bakal laku di pasaran.

Percuma saja kamu membuat produk yang super keren kalau nantinya produk tersebut tidak menghasilkan income yang sesuai. Pada akhirnya, startupmu bakal gulung tikar karena pemasukan tidak sesuai dengan cost atau biaya yang kamu belanjakan untuk mengembangkan produk tersebut.

Loading...

2. Tidak mengkotak-kotakkan tanggung jawab tim

Para entrepreneur sukses sangat paham jika sebuah tim harus bekerjasama untuk mencapai kesuksesan, terlebih jika bisnis tersebut masih dalam skala startup. Dalam kultur startup dimana pun, akan ada situasi seorang anggota tim akan mengerjakan tugas yang sebenarnya di luar tanggung jawabnya. Dan hal itu sangat lumrah terjadi.

Misalnya saja, si CEO akan berpikir, "Ah, tanggung jawabku kan untuk memimpin." Sementara CMO berdalih, "Tanggung jawabku hanya satu: memasarkan produk!" Di sisi lain, si developer bilang, "Tugasku kan cuma coding. Itu saja." Jika masing-masing anggota tim punya pemikiran demikian, kegagalan startup tinggal menunggu waktu.

3. Pertumbuhaan perusahaan sangat cepat

Pertumbuhan yang cepat tentu menjadi dambaan para entrepreneur dan keinginan para investor. Pertumbuhan yang signifikan juga jadi tanda bahwa produk yang ditawarkan sebuah startup tersebut memang dibutuhkan pasar.

Banyaknya startup yang gagal karena mereka kehabisan biaya dan tidak ada investor yang mau mendanai mereka. Jika pertumbuhan startup mereka tinggi, mereka akan mampu mengatasi berbagai jenis 'pembunuh' startup, seperti kalah dari kompetitor, kehilangan pelanggan, anggota tim, dan passion.

4. Tim tahu cara bangkit dan punya fleksibilitas yang bagus

Fleksibilitas dalam sebuah tim startup mutlak diperlukan. Hal itu dibutuhkan ketika ada kendala terjadi. Tim startup juga harus memiliki kemampuan untuk mengubah produk, menyesuaikan rencana, menyusun pendekatan marketing baru, menggeser industri, mendesain ulang produk, atau bahkan menutup usaha dan memulai dari awal lagi.

Intinya, sebuah tim startup harus siap kemungkinan terburuk yang bakal terjadi dan beradaptasi agar mampu bertahan. Itu sebabnya dibutuhkan tim yang solid dan bekerja secara harmonis terutama di masa sulit. Selain itu, startup dengan lebih dari satu founder diyakini memiliki kesempatan lebih besar untuk sukses ketimbang satu founder.