Brilio.net - Kamu tahu Favela? wilayah kumuh di Brasil? Wilayah suburban di Rio de Janeiro itu memiliki ke-khasan, yakni warna-warni tembok rumah warganya. Terinspirasi gaya artistik Favela, Komunitas Romo Code Jogja dan warga di sana, melakukan hal sama terhadap rumah-rumah di Kampung Kali Code.

Hasilnya? Baru setengah bulan dipermak, diperkirakan akan selesai akhir April, wajah Kampung Kali Code sudah terlihat berubah. Dari kejauhan, jika kamu melihatnya dari Jembatan Gondolayu tertangkap warna-warni cerah memikat mata yang terpancar dari tembok rumah warga di kampung tersebut.

Ini bukan di Favela, Brasil, ini di Kali Code!
Kombinasi warna merah, putih, kuning dan biru terlihat mencolok di antara bangunan-bangunan lain yang ada di sekitarnya. Hampir semua rumah di Code Utara RT 01/01, Kotabaru, Gondokusuman ini diperlakukan seperti itu.

Menurut Pleweh Sartono (40) koordinator mural, harapannya tentu saja sesuatu yang unik dan beda ini dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan nantinya terkenal sebagai kampung wisata alternatif di Jogja. paling tidak kalau pun tidak masuk Kampung Code, mereka telah tahu lewat mural tersebut.

Pleweh mengungkap, untuk biaya, diperkirakan menghabiskan puluhan juta. Semua berasal dari dana swadaya, tak ada sumbangan pemerintah. "Ada yang bantu jadi sponsor dan akhir April ini kelar," ungkapnya kepada brilio.net, Rabu (22/4).

Ini bukan di Favela, Brasil, ini di Kali Code!
Menurut Pleweh pengecatan baru awalan saja. Ke depan perkampungan ini akan lebih cantik dengan beberapa agenda yang akan dilaksanakan. Selain itu ada banyak potensi yang bisa di gali dan dikembangkan oleh masyarakat sekitar bantaran kali. Inspiratif!