Brilio.net - Dalam kitab-kitab hadis umat Islam, akan banyak sekali ditemui nama salah seorang periwayat yang begitu tersohornya hingga terkesan "Kok dia lagi sih?".

Adalah Abu Hurairah, seorang sahabat nabi yang memiliki stok hadis yang bahkan lebih banyak daripada mereka yang lebih dulu berislam dan berinteraksi lebih lama dengan nabi Muhammad SAW.

Sahabat nabi adalah orang-orang yang pernah bertemu langsung dengan sang rasul terakhir Muhammad SAW.

Disebutkan dalam buku 60 Orang Besar di Sekitar Rasulullah tulisan Khalid Muhammad Khalid, dikutip Jumat (26/6), Abu Hurairah menjadi madrasah besar yang namanya dicatat kekal dalam tinta sejarah adalah wajar sebab menurut Imam Al Bukhari menyebut sekitar 800 orang terdiri dari para sahabat, tabi'in, serta ulama meriwayatkan hadis dari beliau.

Namun sebenarnya Abu Hurairah bukanlah nama aslinya. Pria yang wafat pada usia 78 tahun pada tahun 59 H ini memiliki nama asal Abdul Syams ketika belum masuk Islam. Setelah menjadi pengikut Nabi Muhammad, dia diberi nama oleh sang utusan Allah itu Abdurrahman.

Loading...

Namun, dia lebih dikenal dengan nama Anu Hurairah sebab sangat menyayangi binatang peliharaannya yaitu seekor hirrah (kucing). Kucing itu selalu dirawat, diberi makan, dibersihkan dan dibawa ke mana pun dia pergi. Sejak itulah orang-orang lebih mengenalnya dengan Abu Hurairah (penyayang kucing).