Brilio.net - Jomblo bukan berarti nggak pernah jatuh cinta dan nggak pengen pacaran, kan? Nah, kenapa sih, walaupun pengen banget pacaran tapi kamu tetap saja jomblo?

Ternyata, itu masalah rasa takut. Rasa takut kadang membuat kamu aman. Saat kamu takut, kamu akan bergerak ke posisi yang lebih aman. Tapi jika berlebihan, malah bikin kamu stres sendiri dicekam rasa takut. Nah, apa jadinya kalau takut dalam menjalin hubungan asmara dengan lawan jenis?

Sebagaimana dikutip brilio.net dari Women's Health, Kamis (22/10), ketakutan seseorang dalam berelasi dengan lawan jenis (fear of intimacy) itu menimbulkan dua dampak. Pertama, kamu bisa saja aman dari rasa takut dekat dengan cowok nggak baik. Kedua, kamu justru kesulitan dekat dengan cowok sehingga sulit menjalin hubungan asmara.

Lantas, ketakutan apa saja sih, yang sebenarnya dirasakan oleh para jomblo yang sebetulnya ngebet pacaran? Nih, simak:

1. Takut ditinggalkan

Loading...

Ketakutan yang dirasakan jomblo saat hendak pacaran adalah takut ditinggalkan. Belum lagi kalau si jomblo dikelilingi oleh orang-orang yang punya pengalaman pahit seperti itu. Mereka akan memberikan jomblo 'pelajaran' bahwa terlalu terlibat perasaan dengan pacar hanya akan berujung luka mendalam kalau ternyata tak berjodoh. Maka tak heran, kalau kamu merasa lebih aman jomblo daripada mengambil risiko pacaran yang siapa tahu ujungnya malah bikin patah hati.

2. Takut nggak cocok

Ya, kamu takut kalau-kalau si doi nggak memenuhi harapanmu. Belum lagi kalau nggak memenuhi harapanmu itu justru terkait dengan pemikiranmu pacaran bikin nggak bebas ini-itu. Sehingga kamu menjaga dirimu untuk diri sendiri.

Biasanya kedua ketakutan di atas hadir bersamaan. Jadi, pada saat yang sama kamu pengen pacaran tapi takut nantinya putus, tapi juga takut malah nggak bebas lagi seperti masih sendiri.

Mulai sekarang lepaskan ketakutan itu. Bukankah orang mencintai itu justru bikin bahagia? Kamu nggak perlu takut atas risiko jatuh cinta dan pacaran. Dengan kegagalan, kamu bisa belajar mana yang terbaik dan tepat buat kamu. Selamat jatuh cinta dan menjalin hubungan!