×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 7 tips  buat kamu yang ingin sukses bentuk tubuh proporsional

View Image

0

BRILIO » News

Ini 7 tips buat kamu yang ingin sukses bentuk tubuh proporsional

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membentuk tubuh ideal.

30 / 10 / 2015

Brilio.net - Punya tubuh proporsional tentu menjadi dambaan banyak orang. Jika tubuhmu proporsional, maka nggak ada ceritanya kamu kesulitan cari pakaian gara-gara kegedean ataupun kekecilan. Nggak hanya itu, alasan kesehatan juga menjadi salah satu alasan yang sering diutarakan kenapa banyak orang ingin memiliki tubuh yang proporsional.

Sekarang banyak orang yang melakukan program demi mendapatkan tubuh yang nggak cuma proporsional, tetapi juga tubuh yang ateltis. Melakukan olahraga di fitness center jadi salah satu cara untuk mewujudkan hal itu.

Untuk mendapatkan berat badan ideal, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Tentu saja agar kamu mendapatkan tubuh proporsional hingga atletis itu bisa berhasil. Tips dari Muna Aprilianto, Personal Trainer dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Fitness Center ini perlu kamu perhatikan. Berikut 7 tips dari Muna Aprilianto:

1. Harus rutin melakukan olahraga

Ini 7 tips  buat kamu yang ingin sukses bentuk tubuh proporsional

Loading...

Hal terpenting menurut Muna adalah kamu harus rutin melakukan olahraga. Baik olahraga jogging, renang, bersepeda, maupun ke fitness center. Konsistensi dalam olahraga sangat penting untuk menunjang kebugaran tubuhmu. Ada baiknya kamu meluangkan waktu paling sedikit30 menit setiap hari untuk berolahraga. Jika tidak bisa, kamu bisa lakukan tiga kali dalam sepekan.

2. Lakukan olahraga yang efektif, efisien, dan aman

Ini 7 tips  buat kamu yang ingin sukses bentuk tubuh proporsional

Sangat penting untuk memperhatikan jenis olahraga yang kamu lakukan. Jangan sampai kamu melakukan olahraga yang malah bisa membahayakan dirimu karena melebihi kemampuanmu. Pilih olahraga yang efektif dilakukan, efisien waktu, dan aman kamu praktikkan.

3. Perhatikan nutrisi

Ini 7 tips  buat kamu yang ingin sukses bentuk tubuh proporsional

Mendapatkan berat badan ideal memang bukan perkara mudah, meski sudah berolahraga ataupun fitness. Selain konsisten olahraga, asupan makanan juga sangat penting diperhatikan. "Saat makan jangan hanya memperhatikan asal kenyang dengan banyak karbohidrat, tapi harus diimbangi dengan nutrisi seperti serat dan protein yang cukup," kata Muna kepada brilio.net, Jumat (30/10).

4.Makan teratur di jam yang ditentukan

Ini 7 tips  buat kamu yang ingin sukses bentuk tubuh proporsional

Konsistensi dalam makan juga berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya program membentuk tubuh yang proporsional. Dengan melakukan makan pada jam yang konsisten setiap harinya, maka akan mempermudan proses metabolisme tubuh. Waktu makan yang baik adalah sekitar jam 07.00 untuk pagi, sekitar jam 12.00 untuk siang hari, dan sekitar jam 17.00-19.00 untuk malam hari. Menurut lulusan Pascasarjana Ilmu Keolahragaan UNY itu, naik atau turun setengah jam dari jadwal nggak masalah kok, asal masih berada di sekitaran jam itu.

5. Jangan makan makanan berat di atas jam 7 malam

Ini 7 tips  buat kamu yang ingin sukses bentuk tubuh proporsional

Mengurangi makan makanan berat di atas jam 7 malam menjadi hal yang perlu kamu perhatikan. Tentu saja agar kamu bisa mendapatkan tubuh ideal. Setelah jam 19.00 adalah waktu untuk menikmati makanan ringan saja. Jangan sampai terbalik, saat jam makan ringan kamu malah makan makanan berat.

Cukupkan untuk minum susu rendah lemak, makan buah atau roti saat malam hari. Hal itu tentu cukup berat karena kebanyakan sajian kuliner yang menggoda berada pada waktu sore hingga malam hari. Tapi demi mendapatkan tubuh proporsional, hal itu perlu kamu coba.

6. Utamakan makanan yang direbus dan dikukus

Ini 7 tips  buat kamu yang ingin sukses bentuk tubuh proporsional

Makanan yang digoreng jadi salah satu pantangan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Menghindari makanan yang digoreng adalah salah satu cara untuk menghindari kolesterol yang nggak baik untuk tubuh. Maka menghindari makanan yang digoreng sejatinya sangat baik untuk tubuh. Sebagai gantinya, pilih makanan yang direbus ataupun dikukus.

7. Jangan lupa asupan nutrisi sebelum olahraga

Ini 7 tips  buat kamu yang ingin sukses bentuk tubuh proporsional

Nah, yang nggak kalah pentingnya, jangan biarkan tubuhmu kosong sebelum melakukan olahraga. Menurut Muna, olahraga adalah proses yang mengeluarkan kalori sehingga dibutuhkan tenaga untuk melakukannya. Nggak lucu kan kalau baru 5 menit saja kamu sudah loyo? Minimal makanlah pisang, kacang hijau, atau roti setengah jam sebelum melakukan latihan. "Kalau makanan berat atau pokok ya dua jam sebelum latihan. Jangan sampai mau latihan malah makan makanan berat," tambah cowok berusia 27 tahun itu.

Nah, itulah tujuh tips jitu agar kamu bisa mendapatkan tubuh proporsional, seperti yang kamu dambakan. Jangan lupa, niat dan konsisten menjadi sangat penting agar semua bisa berjalan seperti yang kamu harapkan.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more