Brilio.net - Berbicara perihal jagad raya, tentu tidak akan terlepas dari keberadaan observatorium. Observatorium merupakan ruang atau gedung yang memiliki perlengkapan khusus untuk mengamati berbagai peristiwa yang terjadi di langit maupun di luar angkasa.

Berikut ini lima observatorium yang paling mengagumkan di dunia dilansir brilio.net dari astronomy.com, Kamis (14/5)

1. European Southern Observatory
European Southern Observatory (ESO) dikenal sebagai observatorium utama yang ada di benua biru. Tidak hanya untuk penelitian semata, ESO juga menjadi rumah kedua bagi para milimeter Eropa Atacama yaitu kolaborasi ilmu pengetahuan yang di jalan antara Amerika Utara, Asia Timur dan Chile. ESO memiliki teleskop pertama di dunia yang memiliki panjang hingga 3,5 m.

2. W.M. Keck Observatory

Ini 5 observatorium mengagumkan di dunia

W.M Keck Observatory atau yang lebih dikenal dengan sebutan Keck's twin ini memiliki teleskop kembar yang berada di puncak gunung merapi Mauna, Hawaii. Observatorium ini dikenal berjasa untuk beberapa penemuan besar di dunia astronomi seperti planet yang ada disekitar bintang dan mempelajari perihal supernova.

3. Mount Wilson Observatory
Mount Wilson Observatory mengambil bagian terpenting dari sejarah ilmu astronomi. Edwin Hubble pernah menemukan bahwa ada noda-noda dari sebuah nebula.

4. Palomar Observatory
Untuk membuat teleskop andalan dari Palomar Observatory menghabiskan uang senilai USD 1 juta. Hampir seluruh bagian dari observatorium ini terbuat dari kaca. Bahkan teleskop ini senantiaSa digunakan oleh George Ellery Hale untuk meneliti secara spesifik perihal asteroid.

5. Gemini Observatory

Ini 5 observatorium mengagumkan di dunia

Gemini Observatory yang berada di Andes, Chili terkenal dengan twin optik inframerah yang mampu menampilkan suasana langit malam yang sangat detail. Berkunjung ke observatorium ini akan memberikan ilmu yang luar biasa perihal perbintangan dan antariksa.

Lima observatorium mengagumkan tersebut adalah tempat yang wajib kamu kunjungi. Sekali-kali piknik ke observatorium bisa kamu coba buat kamu yang antimainstream.