Brilio.net - Lembaga bimbingan belajar (LBB) tampaknya saat ini sudah sangat menjamur di Indonesia. Hal itu terbukti dengan banyaknya jumlah lembaga yang tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Mulai dari lembaga yang memang profesional dan sudah punya nama di Indonesia sampai lembaga-lembaga kecil rintisan mahasiswa atau fresh graduate. Tentu saja itu dikarenakan meningkatnya jumlah siswa yang mendaftarkan dirinya untuk belajar di lembaga tersebut guna mempersiapkan ujian kelulusan sekolah atau ujian masuk peguruan tinggi.

Kalau kamu termasuk siswa yang sekarang sedang mempertimbangkan akan mendaftar di lembaga bimbingan belajar, ada baiknya simak lima keuntungan seseorang bila belajar di LBB berikut.

1. LBB merupakan suplemen tambahan

Choirul Masrukan, yang merupakan seorang manajer salah satu LBB populer di Indonesia menganalogikan LBB sebagai suplemen belajar siswa. "Orang makan kan biasanya butuh suplemen misalnya minuman berenergi, nah mungkin kalau di sekolah itu makanan pokok, LBB bisa jadi suplemen pelengkapnya," ucap Choirul pada brilio.net, Rabu (6/5).

2. LBB sebagai back up

Loading...

Choirul menambahkan bahwa LBB bisa menjadi back up atau antisipasi jika ada siswa yang belum memahami materi di sekolah, tapi tidak berani menanyakannya pada guru di sekolah. Maka dengan ikut LBB, siswa memiliki kesempatan untuk bertanya tanpa ada rasa sungkan karena tentor biasanya akan melakukan pendekatan personal pada siswa.

Suasana belajar lebih fleksibel dan friendly.

"LBB itu lebih fleksibel untuk siswa yang biasanya masuk pagi pulang sore yang dihadapkan dengan sesuatu yang formil dengan orang-orang berkemeja polos lengan panjang berambut rapi mungkin sudah bosan. Sementara saat di LBB bertemu dengan orang-orang gaya casual dengan kemampuan kognitif sama-sama tinggi, siswa kan lebih enjoy," ungkap Choirul.

3. Siswa diberi strategi taktis menyelesaikan soal

Sistem pengajaran di LBB biasanya berkiblat pada cara praktis dan cepat mengerjakan soal tapi tetap tidak keluar dari frame materi yang ada. "Bukan cara cepat juga sih sebenarnya, tapi lebih ke bila di sekolah siswa sudah paham saat diberikan rumus dengan runtutan yang cukup panjang, di LBB mereka akan diberikan rumus-rumus lompatan agar lebih cepat saja," ujar pria asal Malang ini.

4. LBB memberikan informasi pendidikan tambahan

Selain empat poin di atas, Ahmad Johanto yang saat ini menjadi tentor di LBB terbaik se-Indonesia, menambahkan bahwa di LBB siswa akan diberikan informasi-informasi tambahan terkait pendidikan. Misalnya saja tentang jurusan-jurusan dan universitas terbaik, karena LBB menyediakan fasilitas konsultasi bagi para siswa.