Brilio.net - Apa yang kamu lakukan setelah berolahraga? Langsung duduk di sofa, mandi, atau bahkan makan? Wah, sepertinya kamu perlu berpikir ulang deh karena da beberapa hal yang mungkin kita lupa melakukan-atau justru kesalahan-yang pada akhirnya menjadikan olahraga kita sia-sia.

Dikutip brilio.net dari weightloss.about.com, Jumat (10/4), berikut 4 kesalahan yang (mungkin tidak) kita sadari setelah berolahraga.

1. Makan
Nutrisi setelah olahraga itu penting untuk menjaga tubuhmu tetap sehat dan kuat. Sehingga kamu membutuhkan makan setelah olahraga. Kebanyakan ahli merekomendasikan kamu untuk mengonsumsi karbohidrat yang dikombinasikan dengan protein supaya menggantikan zat gizi atau nutrien yang hilang selama olahraga.

Tapi kita berolahraga untuk membakar kalori dari asupan makanan berlebihan yang telah kita makan. Kalau kita ingin menurunkan berat badan dengan sekali olahraga, ini tindakan sia-sia. Jadi, pemikiran ini harus diubah.

2. Peregangan
Idealnya, setelah berolahraga kita perlu peregangan. Hal ini membuat otot-otot kita menjadi lebih lentur dan nyaman. Tapi kebanyakan yang terjadi, kita melewatkan sesi peregangan.

Peregangan setelah berolahraga itu penting buat sendi, kesehatan otot, dan mencegah cedera. Bahkan ketika kamu ingin menurunkan berat badah, latihan fleksibilitas seperti peregangan ini, bisa menurunkan stres dan bikin nyenyak tidur.

3. Istirahat
Kalau sudah berolahraga, kamu sering langsung berebahan atau duduk santai di sofa? Ternyata ini salah total. Memang, setelah berolahraga tubuh kita membutuhkan istirahat. Akan tetapi, sebetulnya kita masih perlu aktif segera setelah berolahraga.

4. Melewatkan jurnal olahraga
Poin ini mungkin lebih ditekankan pada kamu yang sedang dalam proses pembentukan badan atau penurunan berat badan. Sepertinya, kamu perlu membuat jurnal olahraga setiap kali selesai berolahraga. Hal ini dapat membantumu memantau aktivitas fisik yang sudah kamu lakukan.

Wah ... guys, ternyata hal sepele saja bisa bikin olahraga kita nggak berefek maksimal. Sekarang jadi tahu, kan? Selalu semangat olahraga dan perhatikan kegiatan kecil yang mengiringinya, ya!