×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

View Image

0

BRILIO » News

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

Kamu yang awalnya tak bisa menjangkau barang mewah tertentu jadi bisa memilikinya sekarang.

22 / 12 / 2015

Brilio.net - Kebutuhan hidup orang terdiri dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Seperti kamu ketahui bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan seperti sandang, papan, dan pangan. Selanjutnya, kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer guna menjalani kehidupan dengan baik seperti peralatan rumah tangga, buku, komputer, dan sebagainya. Nah, kebutuhan tersier mencakup kebutuhan mewah yang hanya kalangan tertentu saja bisa menjangkaunya.

Namun begitu, semakin berkembangnya zaman, akses terhadap barang lux semakin mudah ketimbang dulu. Hal ini membuat kamu yang awalnya tak bisa menjangkau barang mewah tertentu jadi bisa memilikinya sekarang.

Nah, mau tahu apa saja barang atau benda yang dulunya mahal namun sekarang berharga murah sehingga kamu dan banyak orang bisa menikmatinya? Berikut brilio.net rangkum buat kamu semua:

1. Tongsis

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orangfoto: elevenia.co.id

Loading...

Tongkat narsis atau tongsis baru hits satu sampai dua tahun terakhir. Nah, kalau awal keluarnya tongsis harganya bisa mencapai 150 ribu, sekarang dengan uang 20 ribu saja kamu bisa mendapatkannya.

2. Kartu perdana

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: fastcompany

Kalau kamu ke counter HP, coba deh lihat di etalasenya. Banyak banget berjajar kartu-kartu perdana berbagai operator seluler menawarkan harga murah. Misalnya dulu kartu perdana berharga ratusan ribu, sekarang sudah ribuan atau belasan ribu. Tapi itu bukan berarti kamu bisa seenaknya gonta ganti kartu lho, karena itu bikin repot diri sendiri dan orang lain yang ingin menghubungi kamu.

3. Handphone

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orangfoto: servicehandphone.com

Alat komunikasi satu ini semakin wah saat hampir setiap waktu ada produk baru dengan kecanggihan yang baru pula. Namun ternyata, semakin ke sini, banyak produsen menggeber produk yang katanya sama-sama canggih dengan handphone mahal, tapi harganya sangat bersahabat.

Misalnya saja, awal ponsel layar sentuh ada di pasaran, hanya beberapa orang memiliki. Sampai akhirnya hampir setiap orang bisa punya karena banyak produsen perangkat ini yang memproduksi handphone layar sentuh dengan harga terjangkau masyarakat menengah ke bawah. Hal ini juga berlaku saat smarphone android dikenal masyarakat dan sekarang sudah menjamur di mana-mana.

4. Flash disk

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orangfoto: litele.co

Beberapa tahun lalu, perangkat pengganti disket ini harganya bisa mencapai ratusan ribu jadi puluhan ribu. Misalnya dulu 16 GB berharga 150-an ribu, sekarang dengan 100 ribu kamu sudah bisa membawanya pulang, bahkan bisa kurang dari itu.

5. Kaset DVD

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orangfoto: accutechdata.com

Untuk poin ini, memang terkhusus untuk koleksi lama. Misalnya dulu harganya ratusan ribu untuk kaset DVD film box office yang booming pada tahun 1990-an ataun 2000-an, nah harganya akan murah sekarang ini, itu pun biasanya diskon. Tapi lumayanlah, kamu yang memang ngefans banget sama film tertentu tapi nggak mau nonton bajakan, boleh coba beli barang lama original dengan harga diskon.

6. Komputer

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orangfoto: computerrepairline.com

Dulu komputer adalah kebutuhan sekunder, tapi semakin berkembangnya zaman dan tuntutan hidup, menjadi kebutuhan primer. Seiring itu, harga komputer yang dulu mahal mencapai belasan juta, sekarang bisa kamu jangkau dengan beberapa juta saja.

7. Laptop

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orangfoto: mrrental.co.nz

Hampir sama dengan komputer. Harga laptop yang bisa menyamai komputer, sekarang bisa kamu jangkau dengan beberapa juta. Bahkan kalau untuk laptop mini, bisa lebih murah lagi, misalnya kalau laptop ukuran besar bisa mencapai 5 juta, laptop mini bisa hanya sekitar 3 jutaan. Lumayan, kan? Lebih mudah dibawa ke mana-mana ketimbang laptop besar, terlebih komputer.

8. Televisi

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: boenesaja.blogspot.com

Dulu orang hanya cukup dengan televisi berwarna, lebih baik ketimbang televisi dengan layar hitam-putih saja, walaupun ukurannya kecil dan berlayar cembung. Namun semakin majunya zaman, sekarang orang sudah bisa menikmati memiliki televisi layar datar bahkan setipis papan dengan harga yang terjangkau, pun kualitas bagus.

9. Cetak foto

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: cetakfotosendiri.blogspot.com

Kamu pasti pernah merasakan zaman ketika harus mencetak foto ke studio foto dengan harga mahal per lembar, tapi sekarang sudah lebih murah. Bahkan, tanpa perlu mencetak foto, sekarang sudah ada kecanggihan ponsel menyimpan foto secara digital. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot mencetak foto idolamu karena kamu sudah punya smartphone, kan?

10. Earphone

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: unostech.com

Mainan handphone sambil mendengarkan musik memang enak banget, ya? Nah, kalau dulu harga earphone bisa puluhan ribu sampai ratusan ribu, sekarang hanya dengan 10 ribu kamu sudah bisa mendapatkan earphone dengan kualitas lumayan, walau memang mungkin daya tahannya nggak setahan lama earphone mahal dan bermerek.

11. Power bank

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: en.wikipedia.org

Perangkat 'penolong' kala baterai handphone sekarat ini dulunya berharga ratusan ribu, tapi sekarang hanya dengan puluhan ribu kamu sudah bisa dapat power bank.

12. Hardisk eksternal

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: en.wikipedia.org

Hardisk eksternal dulu harganya bisa mencapai satu juta, sekarang bisa memilikinya dengan budget sekitar 500 ribu untuk ukuran 500 GB.

13. Internet

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: freestockphotos.name

Awal tarif langganan internet di rumah lebih dari 200 ribu, tapi sekarang sudah ada variasi langganan internet yang lebih murah walau memang kecepatannya akan berbeda. Untuk tarif langganan smartphone pun juga sudah ada variasi yang mahal ratusan ribu dan puluhan ribu selama satu bulan.

14. Tarif telepon

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: zonapulsa.com

Tarif telepon kerasa banget dulu banyak banget buat telepon orang kesayangan. Tapi sekarang, banyak operator seluler menawarkan paket telepon lebih murah guna menyambung silaturahmi dengan orang terkasih.

15. Tarif SMS

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua oranghttp://www.xl.co.id/axis/id/tarif/tarif-irit/horeee

Pernah merasakah tarif SMS sebesar Rp 350 per SMS? Sekarang kamu hanya perlu keluar pulsa Rp 150 per SMS bahkan dengan adanya promo kirim sejumlah SMS kamu akan mendapatkan berapa SMS. Jadi bikin kamu hobi kirim SMS, kan?

16. Bunga hias

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: balebengong.net

Kerabatmu suka memelihara bunga hias? Mereka yang suka bunga hias bisa mengorek kantongnya demi tanaman hias. Sebut saja bunga gelombang cinta (jenis anthurium) harganya mencapai jutaan rupiah pada tahun 1990-an sampai 2008. Namun semakin ke sini, harganya hanya ratusan ribu.

17. Ikan hias

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: gelerigambarhewan.net

Sama halnya dengan tanaman hias, ikan hias pun bukan lagi jadi hobi wah kaum berjouis. Misalnya ikan hias louhan, sekarang harganya bisa bervariasi, dari jutaan rupiah sampai 500 ribu. Kamu tetap bisa memelihara ikan hias jenis ini untuk rank harga bawah.

18. Tarif warnet

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: indigoss.com

Kamu pasti pernah ngalamin dong, datang ke warnet buat internet satu jam aja bisa nyaris 10 ribu. Tapi semakin ke sini, semakin murah sekitar Rp 2.500 per jam. Mengalami, kan?

19. Game console

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orang

foto: androidheadlines.com

Game console dulu harganya bisa mencapai 7 juta, sekarang sudah lebih murah. Jadi, bagi kamu yang suka main game, bisa sepuasnya, deh!

20. Micro SD

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orangfoto: amazon.com

Beberapa tahun lalu harga Micro SD bisa mencapai ratusan ribu, sementara sekarang hanya puluhan ribu. Semisal micro SD ukuran 8 GB dulu bisa ratusan ribu, sekarang kurang lebih 60 ribu sudah bisa kamu dapatkan

21. Kamera digital

Ini 21 barang yang dulunya mahal, kini murah & terjangkau semua orangfoto: kameradigitalterbaik.yolasite.com

Kamera digital menggeser pamor kamera poket karena kepraktisannya. Kalau dulu harganya bisa jutaan, sekarang ada kamera digital yang harganya hanya ratusan ribu. Kamu nggak perlu menabung lama-lama untuk memilikinya.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more