Brilio.net - Orang-orang selama ini hanya tahu jika manusia yang pernah mendarat di bulan adalah Neil Amstrong. Padahal setelah Neil Amstrong, ada banyak astronom lainnya yang juga menginjakkan kakinya di bulan untuk meneliti kehidupan disana.

Berikut daftar 12 manusia yang pernah mendarat di bulan seperti dilansir dari mentalfloss:

Neil Alden Armstrong
Neil merupakan manusia pertama di dunia yang berhasil menginjakkan kakinya di bulan pada tahun 1969. Menggunakan pesawat luar angkasa Apollo 11, ia berhasil mendarat di bulan selama 21 jam 36 menit 21 detik.

Di sana Neil mengambil sampel bebatuan bulan, memasang seismograf dan menancapkan bendera Amerika Serikat. Neil Amstrong meninggal pada 25 Agustus 2012 di usianya yang ke-82 tahun.

Edwin Buzz Aldrin
Edwin merupakan astronom yang turut serta dengan Neil Amstrong pada misi Apollo 11. Ia berhasil menginjakkan kakinya di bulan 20 menit setelah Neil Amstrong. Edwin pensiun dari NASA pada tahun 1971. Setelah itu ia lebih memilih menjadi penulis beberapa buku yang membahas tentang pengalamannya di luar angkasa.

Charles Pete Conrad
Charles menjadi orang ketiga yang mendaratkan dirinya di bulan dalam misi Apollo 12. Ia mendarat saat terjadi badai petir yang cukup besar. Kalimat pertama yang ia lontarkan saat di bulan adalah Ya, ini mungkin kecil bagi Neil Amstrong, tapi ini adalah hal yang besar bagi saya. Charles meninggal pada usia 69 tahun pada 1999.

Alan L. Bean
Alan Bean mendarat di bulan bersama Charles Conrad dalam misi Apollo 12. Alan merupakan astronot yang dikenal memiliki jam terbang di luar angkasa cukup panjang. Secara keseluruhan, dia berhasil terbang di luar angkasa selama 1671 jam 45 menit.

Alan pensiun dari NASA pada tahun 1981. Dia menghabiskan masa tuanya dengan menggambar lukisan luar angkasa.

Alan Shepard
Alan Shepard merupakan salah satu penggagas misi Apollo. Dia adalah orang Amerika pertama yang berhasil terbang ke luar angkasa pada tahun 1961. Dia juga terpilih sebagai orang pertama yang akan mendarat di Merkurius, namun karena dia tiba-tiba mengalami gangguan pendengaran, proyek itu dibatalkan.

Dia kembali mendapatkan kesempatan ada tahun 1971 setelah ditunjuk menjadi kapten misi Apollo 14 untuk mendarat di bulan. Alan menghabiskan 9 jam 17 menit untuk menjelajahi permukaan bulan. Uniknya ia sempat mencoba bermain golf saat di bulan.

Ed Mitchell
Dia menjadi orang keenam yang berhasil menginjakkan kakinya di bulan. Bersama dengan Alan Shepard ia bertugas sebagai pilot Apollo 14. Ed pensiun dari NASA pada 1972 dan mendirikan sebuah instansi yang membahas ilmu tentang psikis dan paranormal. Dia percaya bahwa UFO itu ada namun pemerintah selalu menutupinya.

David Scott
David terpilih sebagai astronot pada 1963 dan mendapat kesempatan untuk terbang dengan Neil Amstrong dalam misi Apollo 9 untuk mengetahui permukaan bulan. Dia kemudian terpilih menjadi kapten Apollo 15 yang berhasil mendarat di sebuah pegunungan di bulan.

David menghabiskan waktu selama 18 jam untuk menjelajahi bulan mengggunakan kendaraaan bernama lunar roving vehicle. David pensiun dari NASA pad 1977 dan menjadi konsultan TV acara luar angkasa.

James Irwin
James menjadi orang kedelapan yang mendarat di bumi bersama david scott pada misi Apollo 15. Dia bertuga mengumpulkan sampel bebatuan bulan. Ada peristiwa mengkhawatirkan ketika james berada di bulan dimana jantungnya terpantau mengalami gangguan oleh dokter dari bumi. Beruntung dia masih bisa kembali ke bumi dalam keadaan selamat.

John Young
John Young mendaratkan dirinya di bulan pada misi Apollo 16. Sebelumnya ia telah berpengalaman terbang memimpin Gemini, pesawat ulang-alik luar angkasa dan apollo 10. John menjadi astronot terlama di NASA dengan masa pengabdian selama 42 tahun. Dia pensiun pada 2004.

Charles Duke
Charles duke menjadi orang termuda yang berhasil menginjakkan kakinya di bulan pada usia 36 tahun. Dia bersama John Young mengemban misi apollo 16 untuk menjelajah bulan. Dia pensiun dari NASA pada tahun 1975 dan memilih menjadi pendeta di masa pensiunnya.

Harrison Jack Schmitt
Jack Schmitt menjadi pilot misi terakhir ke bulan bersama Apollo 17. Disana dia menghabiskan waktu selama 3 hari untuk berkeliling bulan mengggunakan lunar roving vehicle, mengumpulkan sampel bebatuan dan menanam alat ukur yang bisa dipantau dari bumi.Jack pensiun pada 1975 dan memilih menjadi professor di University Wisconsin Madison Meksiko.

Eugene A. Cernan
Cernan menjadi manusia terakhir yang mendarat di bulan besama Schmitt dalam misi Apollo 17. Sebelumnya Cernan tidak tahu bahwa misi Apollo 17 merupakan misi terakhir pendaratan di bulan.

Dia menghabiskan waktu cukup lama di bulan bersama schmitt untuk meneliti material di bulan. Cernan pensiun dari NASA pada 1976 dan menghabiskan masa tuanya sebagai penulis buku luar angkasa.