Brilio.net - Kamu pasti nggak asing dengan kata curhat, curhat atau mencurahkan isi hati sudah jadi hal lumrah dan kebutuhan bagi manusia. Hal ini tak lepas dari sifat manusia sebagai makhluk sosial sehingga selalu membutuhkan keberadaan orang lain.

Di antara kamu pasti banyak yang suka curhat. Entah itu sekadar membicarakan masalah-masalah kecil dalam hidup atau masalah-masalah yang besar. Curhat dapat membantumu dan meringankan masalahmu.

"Saya curhat itu hampir setiap hari dong. Curhat itu penting buat mengungkapkan ekspresi kita atas sesuatu yang terjadi, kalau nggak punya teman curhat, bisa-bisa stres," ungkap Ika Kurniasih, mahasiswi di salah satu universitas negeri di Yogyakarta.

Nah, alasan-alasan apa saja ya yang membuat curhat itu penting? Yuk, simak 10 alasan kenapa curhat itu penting yang dirangkum brilio.net, (8/12).

1. Merasa didengarkan

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju? foto: romanticlove.info

Dengan berbagi kisah kepada orang lain entah itu sahabat, teman, kekasih, orangtua, atau yang lainnya, kita akan merasa didengarkan. Hal ini penting karena merasa didengarkan membuat orang tidak merasa kurang perhatian.

2. Mengeluarkan energi negatif

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju? foto: www.eharmony.com

Meluapkan perasaan ketika curhat itu juga membuat energi-energi negatif kita tersalurkan. Curhat lebih baik daripada kita menyalurkan energi negatif ke hal-hal lain. Duduk bersama teman dan mengungkapkan rasa sebal atau jengkel kita akan sesuatu membantu kita terlepas dari perasaan marah.

3. Mencari sudut pandang baru

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju?

foto: www.popsugar.com

Dengan curhat kita juga mendapat sudut pandang baru akan sesuatu. Biasanya, ketika kita sangat emosi, kita susah berpikir logis. Akan tetapi dengan berbagi cerita dengan orang lain, kita bisa mendapat sudut pandang baru yang membantu kita. Sudut pandang orang pasti berbeda-beda, semakin banyak kita minta pendapat pada orang, semakin banyak pula sudut pandang untuk kita mempertimbangkan sesuatu.

4. Mendapat teman senasib

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju?

foto: www.christinehartcoaching.com

Tidak jarang ketika kita berbagi kisah dengan teman-teman kita, kemudian teman kita mengatakan pernah mengalami hal serupa. Hal ini akan membuat kita merasa memiliki teman senasib.

5. Meringankan masalah

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju? foto: www.huffingtonpost.com

Daripada memendam masalah, mencurahkannya kepada teman dan sahabat jauh lebih membantu. Masalah akan terasa lebih ringan ketika kita membaginya kepada orang lain.

6. Mengembalikan mood

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju? foto: listen-hard.com

Mengungkapkan kejengkelan dan rasa marah akan membantu mengembalikan mood kita. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa curhat itu menjadi sangat dibutuhkan.

7. Tidak merasa sendiri

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju? foto: www.excelenglish.co.uk

Kalau kita merasa punya teman untuk curhat, tentu kita tidak akan merasa sendiri. Perasaan kesepian dan sendiri itu tidak baik, banyak orang frustasi dan berujung ke hal-hal yang negatif karena merasa sendiri. Curhat membantu kita agar tidak merasa kesepian dan sendiri dalam masalah kita.

8. Semakin dekat dengan sahabat

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju? foto: www.democratandchronicle.com

Curhat juga membuat persahabatan kita semakin erat lho. Dengan membagikan kisah-kisah hidup kita pada sahabat, mereka akan merasa diberi kepercayaan atas kisah-kisah kita. Hal ini dapat mempererat  persahabatan kalian guys.

9. Perasaan lega

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju? foto: papasemar.com

Biasanya sehabis curhat kita akan merasa lega karena sudah menumpahkan uneg-uneg kita. Hal ini membantu kita untuk menjalani hidup dengan lebih bahagia lagi setelah curhat dan tidak tenggelam dalam kesedihan terlalu lama.

10. Saling berbagi pengalaman

Ini 10 alasan kenapa kita itu butuh curhat, setuju? foto: www.flickr.com

Curhat seringkali jadi ajang untuk berbagi pengalaman. Ketika kamu curhat, temanmu pasti ikut terpancing untuk membagikan kisahnya juga. Obrolan-obrolan semacam ini akan menjadi semakin asyik dan menambah pengalaman kalian.