Brilio.net - Kamu yang punya jiwa enterpreneur tentunya senang akan dunia bisnis dan selalu jeli melihat peluang bisnis. Bisnis adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan secara individu ataupun berkelompok. Tujuannya jelas untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis juga dapat dikerjakan oleh siapapun, mulai dari bisnis barang hingga jasa.

Salah satu bisnis yang akan terus berkembang adalah event organizer. Novie, pemilik Faiza Event and Wedding Organizer mengatakan saat ini orang semakin sibuk dan membutuhkan bantuan event organizer untuk mengelola acara mereka.

Event Organizer (EO) merupakan suatu jasa yang ditawarkan untuk membantu dan mempermudah dalam menyelenggarakan suatu event. Pada prinsipnya usaha ini mengelola sumber daya manusia untuk membuat sebuah acara. Nah, kamu tertarik untuk berbisnis ini? Eits, tunggu dulu! Ada baiknya kamu menyimak hal-hal apa saja yang harus kamu punya, dari Novie yang telah disampaikan pada Jambore Perempuan di Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pekan lalu.

1. Keberanian

Ingin mulai berbisnis event organizer? Hal ini harus kamu punyaifoto: news.acaraapa.com

Loading...

"Saya memulai bisnis EO sejak duduk di bangku kuliah. Saya tahu itu terlalu dini, tapi saya memiliki keberanian untuk itu," jelas perempuan yang pernah menjadi penyiar di beberapa stasiun televisi seperti Indosiar dan RBTV ini.

Tak hanya keberanian untuk memulai berbisnis, kamu juga harus punya keberanian untuk menerima segala risiko yang akan kamu hadapi di tengah jalan nanti.

2. Kreativitas

Ingin mulai berbisnis event organizer? Hal ini harus kamu punyaifoto: bubbles-eo.com

Tak hanya keberanian, menurut Novie, kreatif juga sangat diperlukan. Seni berkreasi untuk bagaimana caranya agar budget yang diberikan klien, meski sedikit, tetap menjadikan sebuah acara yang luar biasa. Di situlah kreativitas kamu diuji.

3. Harus mau bergaul

Ingin mulai berbisnis event organizer? Hal ini harus kamu punyaifoto: eventorganizer.jambinetwork.com

Kamu pun harus selalu mau bergaul dan bertemu orang banyak,untuk secara tidak langsung mempromosikan bisnis event organizermu. Tak perlu muluk-muluk, acara kecil-kecilan dari teman atau keluarga dekat bisa menjadi batu loncatan bisnismu ke depannya nanti.

4. Percaya diri

Ingin mulai berbisnis event organizer? Hal ini harus kamu punyaifoto: dmp-eo.com

Jangan pernah minder ya, guys. Apapun itu, kamu harus tetap percaya diri, dan tak boleh malu pada usaha yang kamu buat. Selama itu halal dan kamu mengerjakannya dengan senang hati, maka tak ada yang perlu kamu khawatirkan.

Yuk, mulai belajar bisnis dari sekarang!