Brilio.net - Apakah kamu salah satu orang yang mencantumkan Inggris dalam list travelingmu? Sebelum bertandang ke Negeri Harry Potter ini, ada beberapa hal yang harus kamu kulik. Tidak mau kan jauh-jauh ke UK tapi zonk?

Hal yang pertama yang harus pahami adalah soal budayanya. Danang Saparudin, warga negara Indonesia yang kini sedang kuliah di Southampton, UK, menjelaskan kepada brilio.net bahwa warga Inggris itu orangnya sangat sopan, Selasa (8/12) melalui surelnya.

“Akan lebih kece kalau ngikutin orang lokal dengan bilang ‘thank you’ atau sekedar ‘please’ dan ‘sorry’,” tandasnya. Selain itu, kamu juga harus antre di tempat umum seperti saat masuk bus atau kereta. Jadi jangan main selonong aja ya!

Jika kamu doyan foto-foto, siapin juga charger khusus. Hal ini dikarenakan colokan di Inggris berbeda dengan Indonesia. Penting juga untuk selalu cek prakiraan cuaca. Maklum cuaca di negera tersebut sering labil alias tidak bisa ditebak.

Ingin jalan-jalan ke Inggris? Baca dulu tipsnya sebelum berangkat!


Yang lebih penting lagi adalah ketika sedang makan di restoran cepat saji. Ada beberapa restoran yang memang mengharuskan konsumennya membersihkan mejanya sendiri setelah selesai makan. Jangan kaget ya!

Biar tidak tersesat selama di perjalanan, peta merupakan senjata. Apalagi saat kamu harus berkeliling menggunakan underground. Pastikan juga kamu memilih eskalator sesuai jalur yang ditentukan. Hal ini harus diperhatikan karena memang ada eskalator khusus yang disediakan bagi orang-orang yang sedang buru-buru.

Kalau di UK harus ke mana aja ya?

Danang Saparudin menjelaskan dua spot favoritnya saat berada di negaranya Victoria Beckham ini dan satu rekomendasi tempat untuk mencari oleh-oleh. Pertama adalah Edinburgh. Jika ingin menikmati Edinburgh Festival Fringe, datanglah ke Edinburgh ketika musim panas. Di tempat ini kamu bisa menikmati suasana kota dari puncak bukit ataupun dengan menyusuri jalan dan gang.

Ingin jalan-jalan ke Inggris? Baca dulu tipsnya sebelum berangkat!


Spot yang tidak kalah menarik adalah Cornwall, terletak di barat daya Inggris. Jangan lupa untuk mengunjungi air terjun St Nectan’ Glen. Di destinasi alam ini ternyata ada sebuah mitos. Jika kamu menyusun batu-batu pipih di aliran sungai dari air terjun, kemudian aliran air tersebut menerjang susunan tersebut, maka doa-doamu akan menjadi nyata. Apakah kamu tertarik?

Saat di Cornwall, nikmati juga Men-an-Tol (the hole stone). Tempat ini menyajikan sebuah pemandangan susunan batu granit di tengah perkembunan yang unik karena salah satu batunya benar-benar bolong.

Rugi kan kalau sudah jauh-jauh ke UK tapi pulang dengan tangan kosong? Untuk mendapatkan oleh-oleh dengan harga miring, cobalah pergi ke Camden Market. Dijamin koper kamu penuh karena harganya yang benar-benar murah.

Jadi, kapan kamu akan menyusul ke UK?