Brilio.net - Juara lomba GP2 Series tiga kali asal Indonesia, Rio Haryanto, menargetkan bisa tampil di Formula 1 pada musim 2016. Sayangnya Rio masih mencari sponsor meski telah bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo pada 13 Agustus lalu untuk memohon dukungan.
 
Karena itu, Sahabat Rio (barisan pendukung Rio Haryanto) berinisiatif mengadakan penggalangan dana dari fans (crowdfunding). Catur Sunaryo, admin Sahabat Rio, mengatakan aksi ini dilakukan selain ingin melihat Rio beraksi di ajang jet darat itu, juga disebabkan dia kerap mendengar cerita dari sejumlah teman-temannya yang menanyakan tentang Indonesia kepada sekitar 100 orang dari 50 negara di dunia. Ternyata, jawaban yang umumnya didapat adalah indahnya Bali dan banjir besar di Jakarta.
 
Tidak ada satu pun yang mengenal Indonesia dari prestasinya di bidang olahraga, seperti dari sepakbola. Bahkan, tidak ada yang mengenal prestasi Indonesia di badminton di mana Indonesia juga sebenarnya memiliki juara dunia.
 
“Ada berbagai cara untuk membangun bangsa yang besar. Sepanjang sejarah Indonesia, tidak ada pembalap nasional yang memiliki catatan gemilang seperti Rio. Apa yang Rio lakukan selama lebih dari 15 tahun di dunia balap adalah bagian dari bela negara," kata Catur.

"Sekarang, ia tinggal selangkah lagi naik ke F1 dan saya tidak ingin ia terhenti karena kendala dana. Dalam beberapa dekade yang akan datang, belum tentu Indonesia menemukan talenta seperti dia lagi. Jangan sampai kehilangan momentum dan kesempatan emas ini lenyap begitu saja. Dari sisi kemampuan fisik dan mental, Rio sudah siap berlaga di F1,” imbuh Catur kepada brilio.net, Rabu (28/10).
 
Catur berharap masyarakat Indonesia mendukung Rio dengan aksi nyata. Alasannya, jika lima juta orang atau 2% dari populasi Indonesia bersedia menyisihkan Rp 50.000 saja, maka target Rio tampil di F1 bisa tercapai.
 
Penggalangan dana ini dilakukan melalui laman Kitabisa.com sebagai online fundraising platform. Publik bisa memberikan dukungannya bagi Rio Haryanto secara online hanya dengan memilih tombol 'BERI DONASI'. Selain berdonasi, publik juga bisa turut menyebarkan info #RioHaryantoF1 seluas-luasnya dengan klik tombol 'Bagikan di Facebook' atau ‘Bagikan di Twitter’.

Ayo bersama-sama kita dukung Rio Haryanto mengibarkan bendera Merah Putih di podium F1!”