×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Indonesia miliki 7 festival taraf internasional yang keren, apa saja?

View Image

0

BRILIO » News

Indonesia miliki 7 festival taraf internasional yang keren, apa saja?

Luar biasa, sejumlah festival yang diadakan perlahan mulai diakui dunia internasional.

14 / 08 / 2015

Brilio.net - Sebagai negeri dengan beragam budaya dan kekayaan alam, Indonesia menyimpan sejuta potensi. Salah satu bentuk penggalian potensi tersebut adalah dengan menggelar sejumlah festival. Luar biasa, sejumlah festival yang diadakan perlahan mulai diakui dunia internasional, dan sudah menjadi agenda rutin tahunan yang mengundang minat masyarakat internasional melihatnya.

Apa saja festival yang mendunia itu? Berikut penjelasannya:

1. Erau Internasional Folk and Art Festival

Indonesia miliki 7 festival taraf internasional yang keren, apa saja?Awal mulanya festival Erau dilaksanakan oleh masyarakat Kutai Kartanegara sebagai suatu bentuk rasa syukur terhadap hasil bumi yang melimpah dan beberapa tahun terakhir juga dilaksanakan bersamaan dengan ulang tahun Kota Kutai Kartanegara.

Festival ini menampilkan upacara adat sebagai bentuk kesyukuran hasil panen, pentas kesenian dari masyarakat Kutai dan negara-negara yang ikut berpartisipasi seperti Rusia, Hungaria, Belanda, Turki dan bermacam negara Eropa lainnya. Festival ini menjadi salah satu festival yang sangat dinantikan oleh seluruh turis mancanegara.

Loading...

2. Solo Batik Carnival

Indonesia miliki 7 festival taraf internasional yang keren, apa saja?

Solo terkenal dengan festival fashion dengan menggunakan kreasi dari batik yang dikenal dengan nama Solo Batik Carnival (SBC). SBC menjadi salah satu festival bertaraf internasional yang diadakan di Indonesia.

Keberadaan batik yang telah ditetapkan sebagai UNESCO World Intangible membuat pagelaran ini banyak diminati oleh masyarakat dunia. Desainer-desainer kreatif dari seluruh dunia akan berkumpul di ajang tersebut dan menampilkan karya-karya terbaik mereka yang bahan dasarnya adalah batik.

3. Festival Bunga Tomohon

Indonesia miliki 7 festival taraf internasional yang keren, apa saja?

Festival yang menampilkan rangkaian bunga yang menakjubkan memang banyak dilakukan di negara-negara Eropa dan Amerika. Namun, kamu tidak perlu ke luar negeri demi menyaksikan karnaval bunga yang berkelas internasional.

Festival Bunga Tomohon adalah salah satu festival bunga internasional terbesar yang ada di Asia. Festival ini diadakan di kota Tomohon, Sulawesi Utara. Biasanya festival ini digelar pada bulan Agustus dan berbagai peserta berasal dari Eropa dan Amerika akan berkumpul dan penampilan karya terbaik mereka.

4. Jember Fashion Carnaval

Indonesia miliki 7 festival taraf internasional yang keren, apa saja?

Tahun 2003 menjadi awal munculnya sebuah festival yang mencuri perhatian para desainer dunia. Ya, Jember Fashion Carnaval (JFC) menjadi salah satu festival yang menampilkan karya-karya desainer fashion dunia.

Jika biasanya para model berlenggak-lenggok di atas catwalk, maka JFC memberikan konsep yang berbeda dengan melakukan fashion show di jalanan.

5. Festival Danau Kelimutu

Indonesia miliki 7 festival taraf internasional yang keren, apa saja?

Nusa Tenggara Barat juga tidak ketinggalan untuk mengadakan festival Danau Kelimutu yang dikenal sebagai salah satu festival yang banyak dikunjungi wisatawan internasional.

Festival Danau Kelimutu diadakan sebagai suatu ungkapan syukur masyarakat terhadap berkah yang telah diberikan dan juga sebagai bentuk pengharapan untuk kehidupan yang lebih baik. Biasanya festival ini menampilkan kegiatan kesenian dan kerajinan tangan masyarakat NTT serta pameran kuliner.

6. Dieng Culture Festival

Indonesia miliki 7 festival taraf internasional yang keren, apa saja?

Dieng Culture Festival (DCF) merupakan festival internasional yang sangat diminati masyarakat dunia khususnya bagi para anak muda. Festival ini akan menampilkan prosesi adat pemotongan rambut anak gimbal yang dianggap istimewa dan berbagai pagelaran seni, mulai dari tarian hingga festival jazz.

Festival ini juga istimewa sebab dilakukan di Dieng yang memiliki panorama yang sangat bagus. Tujuan dari wisata ini adalah menggabungkan alam dan seni.

7. Bromo Yadnya Kasada

Indonesia miliki 7 festival taraf internasional yang keren, apa saja?

Salah satu festival yang tidak kalah menariknya adalah Bromo Yadnya Kasada. Bromo Yadnya Kasada merupakan suatu karnaval khusus untuk upacara adat yang memberikan sesajen kepada Sang Hyang Widhi. Masyarakat Hindu Tengger meyakini bahwa acara tersebut demi keselamatan bersama.

Biasanya dilaksanakan pada bulan Kasada hari ke-14 dalam penanggalan Jawa atau biasanya jatuh pada bulan Agustus atau September. Masyarakat akan melemparkan sesajen yang berupa hasil bumi ke Gunung Bromo. Rangkaian upacara adat ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more