Brilio.net - Dengan jumlah 17.508 pulau membentang dari Sabang-Merauke, Indonesia selama ini memegang status sebagai negara kepulauan terbesar dunia.

Indonesia bukan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia

Peta Indonesia di atas menggambarkan bentangan kepulauan Indonesia yang begitu luas, dari 17.508 pulau ada sekitar 6000 pulau yang belum bernama. Tapi, dengan julukan sebagai kepulauan terbesar dunia, Indonesia ternyata bukanlah negara dengan jumlah pulau terbanyak.

Negara dengan jumlah pulau terbanyak justru Finlandia. Ya Finlandia! Meski wilayahnya tergolong kecil, negara yang beribu kota di Helsinki ini memiliki jumlah total pulau mencapai 179.584 buah. Artinya jumlah pulau yang dimiliki 10 kali lipat dari yang ada di Indonesia.

Indonesia bukan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia

Loading...

Wilayah kepulauan terbesar terletak di antara kontinental Finlandia dan pulau utama Aland. Di Aland sendiri disebutkan terdapat 6.700 pulau yang sudah bernama dari total 20.000 pulau yang ada. Aland biasanya menjadi destinasi para wisatawan.

Indonesia bukan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia

Hakan Mitts dalam tulisannya di sail-in-finland.info sebagaimana dikutip brilio.net Jumat (29/5) mengatakan untuk keperluan berlayar dan berperahu, Finlandia bisa dibagi menjadi dua area: danau pedalaman dan perairan Baltik.

"Sebagai estimasi luas wilayah berlayar, jarak perairan dari pelabuhan terkenal di timur, Vironjoki, yang berdekatan dengan perbatasan Rusia, menuju ke pelabuhan di utara Puotinkari, yang berbatasan dengan Swedia adalah sekitar 1.200 kilometer," terang Mitts.

Untuk garis pantai Baltik sendiri diperkirakan mencapai panjang 6.300 kilometer dengan total garis pantai Kepulauan Baltik mencapai 39.000 kilometer. "Semestinya ada beberapa spot bagus yang bisa dikunjungi untuk model garis pantai seperti itu," ujar Mitts.

BERITA RAMAI:

Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba

Innalillahi, ibu dan anak meninggal dalam waktu bersamaan

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

VIDEO: Misteri lubang pemakan belasan pohon hanya dalam 30 detik