Brilio.net - Siswa Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah Internasional. Kali ini dalam sebuah kompetisi komputer The International Olympiad in Informatics (IOI).

The International Olympiad in Informatics (IOI) merupakan kompetisi pemrograman tahunan untuk siswa sekolah menengah atas (SMA). IOI pertama kali diadakan pada tahun 1989 di Pravets, Bulgaria. Kompetisi ini juga menjadi salah satu kompetisi ilmu komputer yang paling bergengsi di dunia yang rutin diselenggarakan oleh UNESCO dan IFIP.

Dalam kompetisi IOI yang ke 27 ini, lomba diadakan pada 26 Juli–2 Agustus 2015 di Almaty, Kazakhstan. Siswa olimpiade Indonesia berhasil menggondol dua medali perak dan satu perunggu dalam ajang tersebut.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memaparkan bahwa tim olimpiade tersebut terdiri atas Michael Wibawa dari SMA Kanisius, Jakarta dan Agus Sentosa Hermawan dari SMA Petra 2 Surabaya yang berhasil meraih medali perak. Adapun yang meraih perunggu adalah Muhammad Ayaz Dzulfikar dari SMA YP Vidya Dahana Patra, Bontang.

Sedangkan Stacia Edina Johanna dari SMA Petra 3 Surabaya berhasil mendapat penghargaan berupa Apreciation for Woman Contestant bersama 10 kontestan perempuan lainnya. "Kami turut bangga dengan prestasi siswa kami di kancah Internasional. Kami akan terus meningkatkan prestasi siswa siswi kami," ujar pihak sekolah Stacia Edina Johanna, SMA Petra 3 Surabaya kepada brilio.net, Selasa (4/8).

Loading...

[crosslink_1]