Brilio.net - Bagi kamu yang muslim, kamu pasti mengerti dengan ibadah sholat. Tapi, tahukah kamu kalau sholat juga berpengaruh pada kesehatan jiwa? Sholat bisa mengantarkan pelakunya pada kondisi flow. Apakah yang dimaksud kondisi flow? Berikut brilio.net akan mengulasnya, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Adalah Mihaly Csikszentmihalyi, seorang tokoh psikologi positif, mengistilahkan keadaan yang di dalamnya orang merasakan kebahagiaan sebagai "flow". Dalam bahasa lain, flow adalah suatu keadaan pikiran yang di dalamnya kesadaran manusia berada dalam keadaan teratur dan selaras. Keadaan seperti ini biasa dicapai lewat pengendalian diri dan pengendalian hidup.

Ciri-ciri flow adalah:

• Konsentrasi yang lebih dalam. Dengan kata lain pikiran tidak terpecah-pecah

• Perasaan memiliki kendali penuh atas segala sesuatu

Loading...

• Momen sekarang sebagai satu-satunya hal yang penting

Nah, jika pengidentikkan khusyuk dalam sholat dengan keadaan flow ini dapat dibenarkan, maka peran sholat sebagai sumber ketenteraman dan kebahagiaan diakui secara tidak langsung oleh ilmuwan modern, dalam hal ini psikologi. Sholat juga berpengaruh positif terhadap upaya pencegahan dan penyembuhan dari penyakit-penyakit yang biasanya dikaitkan dengan ketidaktenteraman dan kekurangbahagiaan, seperti penyakit jantung, stroke, stres, depresi, dan sebagainya.

Kesimpulan ini disampaikan Dr Herbert Benson, ahli ilmu kedokteran dari Harvard University dan pendiri Body-Mind Institute, dalam bukunya Relaxation Response (versi Indonesia berjudul Bebas Stres dalam Lima Menit) dan Beyond The Relaxation Response (judul Indonesia: Keimanan yang Menyembuhkan).