Brilio.net - Kehidupan kampus itu memang banyak ceritanya. Dari yang lucu, sedih, sampai bahagia ada. Kamu yang masih atau pernah merasakan menjadi seorang mahasiswa, pasti punya cerita-cerita tersendiri terkait kehidupan kampus.

Nah, salah satu bumbu dari kehidupan kampus itu adalah pertanyaan-pertanyaan nyebelin yang sering ditanya kepada mahasiswa. Kira-kira apa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/12), 10 pertanyaan menjengkelkan yang kerap didengar mahasiswa, kamu ngalamin.

1. Kapan lulus?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: ask.fm

Loading...

Kuliahnya susah, skripsi nggak kelar-kelar, mata kuliah ngulang terus, eh ditanyain kapan lulus. Nyesek nggak sih? Kamu yang pernah ngerasain mahasiswa tua pasti sering nih dapat pertanyaan kayak gini. Kalau sudah ditanya kayak gini rasanya seperti menusuk ke dalam dada, saking nyeseknya sampai bingung mau jawab apa.

2. Gimana IPK-nya, bagus nggak?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: memegenerator.net

Nggak kalah nyebelin juga kalau sudah ditanyain masalah indeks prestasi kumulatif atau yang akrab dipanggil IPK. Kalau kamu IPK-nya bagus sih kayaknya malah pengen ditanyain ya, tapi bagi kamu yang IPK-nya jeblok kayaknya bakal ngacir kalau udah ditanyain masalah IPK.

3. Loh kok nggak ambil jurusan 'nganu' aja?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: ink361.com

Pertanyaan macam ini muncul biasanya kalau lagi kumpul bareng keluarga besar. Ada saja yang berkomentar negatif sama jurusan yang kita pilih. Biasanya sih model percakapannya kayak gini:

A: Kamu kuliah jurusan apa?

B: Sastra Jawa

A: Ohh... Sastra Jawa, kok nggak ngambil kedokteran aja?

B: $#^%#*&^^%!!!

4. Kalau sudah lulus rencana mau kerja di mana?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: memegenerator.net

Pertanyaan ini kerap diajukan kepada mahasiswa tingkat akhir. Apalagi kalau sudah wisuda. Biasanya sih yang bertanya ya nggak jauh-jauh dari keluarga juga. Nggak sedikit juga mahasiswa yang bingung jawabnya kalau disuguhi pertanyaan macam gini. Ya, bukannya gimana yah. Tapi rasanya kok nggak ada habisnya, baru saja berjuang mati-matian menyelesaikan skripsi sudah ditanya mau kerja dimana.

5. Mana revisinya?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: vinividivivi.blogspot.com

Bagi kamu yang lagi bertarung di arena per-skripsi-an, ini adalah pertanyaan paling horror sejagat kehidupan kampus. Pastinya pertanyaan macam ini muncul dari dosen pembimbing.

6. Sudah sampai BAB berapa skripsinya?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: memegenerator.net

Nggak kalah horror sama pertanyaan 'mana revisinya?' Pertanyaan ini nggak cuma dosen yang tanya, biasanya sih juga sesama mahasiswa saling tanya. Nggak jarang biasanya sambil bertanya sambil berniat pamer.

A: Sudah sampai BAB berapa lu?

B: Baru kata pengantar

A: Ohh... Masih jauh ya, gue sih sudah mau masuk BAB 5

B: #@@##&^%&$%!!!

7. Itu jurusan apa sih, ada ya jurusan itu?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: ilmuperpus.com

Percaya nggak percaya, di Indonesia itu juga banyak lho jurusan-jurusan yang anti mainstream. Misalnya saja Teknik Perpipaan, Ilmu Perpustakaan, atau Jurusan Karawitan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Nah, kamu pasti baru denger kan? Nasibnya mahasiswa yang kuliah di jurusan kayak gini sih ya pasti bakal dengar pertanyaan macam ini.

8. Mana uang kos bulanannya?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: igsta.com

Namanya mahasiswa pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya kos-kosan. Dan rata-rata kos-kosan di Indonesia itu bayarnya per bulan atau pertahun. Nah, pertanyaan model gini biasanya sering dilontarkan ibu kos. Kamu yang lagi bokek atau belum dapat kiriman pasti sebisa mungkin menghindari pertanyaan kayak gini.

9. Maaf pak, kemarin katanya hari ini mau kuis?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: memegenerator.net

Ini nggak kalah ngeselin. Dalam satu kelasmu pasti ada saja mahasiswa yang suka bertanya kayak gini. Padahal sudah bagus sang dosen lupa kalau hari ini ada kuis, eh ada saja yang ngingetin.

10. Kapan nikah?

Hindari tanya 10 hal ini ke mahasiswa, kasihan bikin jengkel ngejawab

foto: memegenerator.net

Jangan salah, selain kalian-kalian yang sudah kerja, pertanyaan kapan nikah juga sering muncul buat para mahasiswa lho. Padahal kan masih jauh banget. Apalagi kamu yang kuliahnya nggak lulus-lulus, siap-siap aja deh dapat pertanyaan model gini pas lebaran.