Brilio.net - Bencana kabut asap yang melanda di sebagian wilayah Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, dan Papua memang membuat banyak orang prihatin. Ratusan ribu orang menderita karena tidak bisa menghirup udara segar, korban meninggal dunia pun sudah berjatuhan.

Pemerintah dan segenap elemen di negeri inipun sudah berusaha keras memadamkan kebakaran hutan tersebut meski masih belum berhasil. Caci maki dari beberapa orang pun berdatangan mengutuk dan mendesak pemerintah agar lebih serius lagi dalam menaggulangi bencana kabut asap. Agaknya mereka lupa bahwa asap tak akan hilang jika hanya dengan mencaci maki pemerintah.

Hendra & Daniel, anak muda berjibaku lawan asap tanpa banyak kata

Kelakuan mereka yang hanya modal caci maki itu berbanding terbalik dengan tindakan dua remaja bernama Hendra (17) dan Daniel (15). Tanpa banyak kata, selama dua bulan kakak beradik ini bersama relawan lokal Jumpun Pambelom bekerja keras angkat selang, pipa, mesin dan membuat sumur bor untuk memadamkan api di hutan wilayah Kalimantan Tengah.

Hendra & Daniel, anak muda berjibaku lawan asap tanpa banyak kata

Loading...

Kisah mereka diangkat oleh seorang pengguna Facebook, Jumat (23/10) lalu. Netizen pun langsung berebutan memuji mereka. "Salut. Usul dapat kalpataru," seru seorang bernama Beng Petony di kolom komentar. Hal senada juga dituliskan Ristemiati. "Salut dan bangga dgn mereka berdua. Mereka adalah pahlawan sesungguhnya," begitu pujiannya kepada dua remaja itu.

Nama keduanya kini viral dan aksi mereka menuai pujian dimana-mana. Kalian memang pahlawan yang sesungguhnya, Hendra dan Daniel!