Brilio.net - Video yang berisi lagu tentang masalah pertanian di Norwegia menjadi hits di Youtube. Lagu berjudul Norway Needs The Farmer yang dinyanyikan sekelompok wanita cantik dari paduan suara bernama Pikekoret IVAR telah dilihat lebih dari 163.000 kali di youtube.

Dalam video tersebut, para wanita yang memakai baju hijau sambil duduk di gunungan jerami, menyanyikan pujian-pujian kepada para petani. Mereka juga memparodikan para petani mengejar Menteri Pertanian Sylvi Listhaug sambil bernanyi “Hidup petani, menyerahlah Listhaug”.

Sang menteri pertanian dalam kebijakannya ingin menurunkan subsidi kepada para petani dan membuat perubahan mendasar di bidang pertanian yang mana akan memberatkan para petani kecil di negeri tersebut. Perubahan tersebut disinyalir bisa membawa keefisienan produksi pangan.

Salah seorang penulis lagu Norway Needs The Farmer, Gina Marie Ovale mengatakan dengan efisiennya produksi makanan maka harga produk makanan akan menjadi murah dan tentu pendapatan petani akan menurun. “Harga makanan di sini memang mahal, tapi gaji di sini juga tinggi,” tegasnya seeperti dikutip dari BBC.com

Juru bicara Kementerian Pertanian Norwegia menganggap video itu merupakan sebuah pernyataan politik menjelang perundingan persetujuan pertanian. Tapi pihak Pikekoret IVAR menolak klaim tersebut dan mengatakan itu adalah bagian dari konser akhir tahun.

Berikut videonya: