Brilio.net - Aksi unjuk rasa sopir taksi Blue Bird Selasa (23/3) menghebohkan publik Indonesia. Terjadi banyak kerusuhan yang melibatkan perusahaan taksi konvensional dan berbasis online. Demonstrasi tersebut dipicu kecemburuan sosial masalah ekonomi ini memang patut menjadi bahan perenungan kita bersama.

Beredar sebuah video amatiran di media sosial tentang seorang sopir taksi Blue Bird yang mengungkapkan fakta di balik aksi demo tersebut menghebohkan netizen. Menurut video yang diunggah akun Facebook Ahlul Satir ini, sopir taksi tersebut bercerita kalau para pendemo dari Blue Bird memang mendapat perintah.

Selain itu, menurut sang sopir para pendemo juga mendapat jatah makan siang dan uang bayaran. Yang lebih mengagetkan lagi, per pool ada 60 mobil yang berarti 60 sopir yang diturun ke jalanan.

Namun, pihak Blue Bird telah melayangkan penjelasan mengenai aksi demonstrasi sopir taksi tersebut. Beberapa sopirnya yang tergabung di dalam Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat memang ada yang ikut dalam aksi unjuk rasa itu. Jika ada yang terbukti memicu kerusuhan akan disanksi tegas.  Berikut petikan pernyataan resmi Blue Bird:

Sehubungan dengan unjuk rasa pengemudi angkutan umum pada hari ini, Selasa, 22 Maret 2016, bersama ini kami sampaikan pernyataan resmi PT Blue Bird Tbk, sebagai berikut :

PT Blue Bird Tbk turut prihatin atas kegiatan demonstrasi yang terjadi mengingat hal tersebut sangat mengganggu kegiatan transportasi masyarakat yang melaksanakan kegiatan dan aktivitas mereka.

PT Blue Bird Tbk berkomitmen untuk selalu menyediakan layanan angkutan umum yang aman dan nyaman bagi masyarakat, dan berkaitan dengan demonstrasi yang terjadi, PT Blue Bird Tbk telah menghimbau kepada seluruh pengemudi untuk tidak ikut serta dalam kegiatan demonstrasi tersebut dan tetap beroperasi seperti biasa.

Blue Bird memahami bahwa ada beberapa pengemudi yang juga tergabung dalam “Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat” yang tergerak untuk menyampaikan aspirasinya. Namun, apabila terdapat pengemudi PT Blue Bird Tbk yang terbukti melakukan tindakan yang tidak dibenarkan secara hukum dalam demonstrasi yang terjadi, PT Blue Bird Tbk akan menerapkan sanksi tegas sesuai peraturan dan ketentuan perusahaan yang berlaku.

Selain itu, jika masyarakat mengalami kerusakan kendaraan saat kejadian berlangsung, mohon dapat melaporkan ke layanan pelanggan Blue Bird (email: customercare@bluebirdgroup.com) untuk kami tindak lanjuti.

Berkaitan kejadian ini, PT Blue Bird Tbk mengharapkan pemerintah dapat secara bijak dan cepat memberikan solusi untuk semua pihak/kepentingan, sehingga kegiatan dan persaingan usaha dapat berjalan sehat sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.


Ini video kesaksian sopir taksi soal aksi unjuk rasa tersebut:

 

balada taksi biru...selamat datang di negara penuh dengan settingan...dagelan2 model gini udah sering terjadi ketika menjelang pemilihan pemimpin...lagi2 yg dibawah yg menjadi korban, mulai dr para sopir taxi itu sendiri, yg mau ga mau harus nurut perintah atasan, yg ga nurut ikut kena imbas, setelah ada yg buka suara, mereka yg nurut pun kena imbasnya, tak selesai sampai disitu, masyarakat awam secara tdk langsung sudah terkecoh, perhatian teralihkan, dan pengalihan isu pun sukses....selamat datang di indonesia, negeri subur settingan

Dikirim oleh Ahlul Satir pada 23 Maret 2016