Brilio.net - Luar biasa prestasi atlet paralayang Liz Andriana (31). Wanita kelahiran Kutai Barat, Kalimantan Timur, ini telah berhasil mengibarkan bendera merah putih di berbagai ajang bergengsi perlombaan paralayang tingkat dunia. Bahkan, Liz berhasil mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia cabang olahraga paralayang. Tidak tanggung-tanggung, gelar itu disabet tiga kali berturut-turut.

Paralayang adalah salah satu jenis olahraga dirgantara yang membutuhkan nyali tinggi. Bukan perkara mudah untuk menguasai cabang olahraga ini. Butuh keberanian khusus untuk paralayang, sebab kesalahan bisa berakibat fatal. Olahraga ini bertaruh nyawa.

Peminat kalangan wanita untuk menekuni olahraga ini masih sangat kurang. Bahkan, Liz merupakan wanit pertama yang menjadi atlet paralayang dari Kutai.

Hebatnya Liz, atlet paralayang wanita Indonesia 3 kali terbaik dunia

Penerbangan pertamanya dilakukan saat kejuaraan PON 2006 mewakili Kalimantan Timur. Tanpa diduga, dia berhasil meraih prestasi di ajang perdananya ini. Catatan gemilang itu membuat karirnya terus menanjak. Liz kemudian mengikuti kompetisi tingkat Asia, yakni Asian Beach Games di Bali tahun 2008. Liz berhasil membawa pulang dua medali emas untuk kategori ketepatan mendarat dan jarak beregu putri.

Sejak menggeluti olahraga tersebut 9 tahun silam, Liz sudah bertekat untuk menjadi juara dunia. "Saya memang sudah bertekad untuk berprestasi. Kalau ditanya tipsnya, kerja keras dan latihan," jelas Liz Andriana saat ditanya brilio.net perihal tipsnya sehingga menjadi juara dunia.

Meski olahraga ini berbahaya, keluarganya sangat mendukung karir dia. Diakui ibu tiga orang anak ini, keluarga adalah sosok yang sangat berperan penting terhadap prestasinya. "Segala prestasi ini saya persembahkan untuk keluarga," ujarnya saat ditemui brilio.net di acara Jogja Air Show 2015, Minggu (15/3).

Saat ini, Liz menduduki rangking pertama dunia paralayang. Rangking dunia ditentukan berdasarkan perolehan akumulasi medali dari beberapa turnamen. Dan Liz telah menduduki peringkat tertinggi ini selama 3 tahun berturut-turut.

BACA JUGA:

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

Asyiknya jadi tukang parkir di sini, sering ketemu artis

Nasib juru parkir wanita, gadaikan motor demi ganti rugi motor hilang

Anta, mahasiswa tukang parkir lulus STAN dengan uang saku Rp 50 ribu

Hidup sendiri, wanita 50 tahun ini sudah 15 tahun jadi tukang parkir

Kisah Anta, rela jadi tukang parkir demi bisa kuliah