Brilio.net - Tindak penipuan menggunakan pesan singkat maupun sudah sangat sering terjadi. Bentuk penipuannya pun bermacam-macam mulai dari yang meminta pulsa hingga meminta transferan uang. Dan baru-baru ini modus penipuan yang banyak beredar dimasyarakat adalah penipuan melalui pesan BlackBerry Massenger (BBM).

Penipuan via BBM ini dilakukan dengan meretas akun BBM seseorang kemudian mengirimkan pesan kepada kontak yang diretas itu berupa permintaan seperti meminta pulsa dengan nominal tertentu hingga pada pengiriman uang.

"Beberapa minggu yang lalu saya mendapatkan BBM dari teman saya dan mengatakan kalau dia membutuhkan pulsa sebanyak Rp 100.000, sontak saya percaya saja sebab itu adalah teman baik saya jadi saya langsung membelikannya pulsa, setelah saya bertemu dengannya dia tidak menerima pulsa itu dan dia pun tidak pernah merasa saya hubungi," ujar Tika seorang pegawai disalah satu Mall di Yogyakarta saat dihubungi brilio.net, Kamis (14/1).

BACA JUGA: Hati-hati invite PIN BBM cewek seksi di FB bisa jadi modus penipuan

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Korban lainnya, Sulistiyowati mengaku pernah mendapat BBM dari seseorang yan berisi permintaan mengirimkan pulsa. "Kebetulan saya punya dua PIN BB orang itu. Lewat PIN yang satunya saya tanya apa dia minta pulsa, dan ternyata dia mengaku nggak minta. Katanya HP yang satunya sedang rusak dan dia juga ditanyain hal serupa oleh teman-teman lainnya," ujar ibu rumah tangga di Ngargorejo, Boyolali, ini.

Penipuan ini merupakan penipuan melalui peretasan akun BBM atau dikenal dengan istilah fake login. Fake login merupakan bentuk peretasan akun yang terjadi melalui pesan broadcast yang mengirimkan link tertentu. Apabila seseorang mengklik yang dikirimkan melalui pesan broadcast tersebut, maka secara otomatis alamat email dan passwordnya akan diperoleh oleh peretas.

Biasanya hal ini banyak dialami oleh mereka yang menggunakan BBM di Android ataupun iOS. Sehingga sebaiknya kamu lebih berhati-hati dan tidak sembarangan melakukan login apabila mendapatkan pesan broadcast.