Brilio.net - Mengonsumsi makanan yang mengandung gula buah atau yang lebih dikenal dengan fruktosa seperti minuman bersoda dan permen, dapat membuat kamu ketagihan untuk terus ngunyah makanan berkalori tinggi. Bahaya lho!

Dikutip brilio.net dari Science Alert, Minggu (10/5), di University of Southern California pernah dilakukan sebuah studi tentang pengaruh konsumsi jenis gula terhadap tingkat keinginan makan. Relawan sebanyak 24 orang pada hari pertama diberi minuman manis yang mengandung glukosa. Beberapa hari kemudian, mereka diberi minuman manis berfruktosa.

Penelitian membuktikan bahwa ketika mereka mengonsumsi fruktosa, terdapat aktivitas berkelanjutan di orbitofrontal cortex ketika dihadapkan gambar-gambar dari makanan berkalori tinggi. Orbitofrontal cortex adalah bagian dari otak yang identik dengan perasaan ingin diberi dan diperhatikan serta bagian otak yang berperan dalam pengambilan keputusan.

Ketika ditawarkan, keinginan terhadap makanan berkalori tinggi lebih besar dibanding keinginan terhadap uang. Selain itu, nafsu makan lebih besar setelah meminum minuman berfruktosa.

Fruktosa adalah jenis gula yang paling manis di antara gugus gula sederhana lainnya yaitu glukosa dan galaktosa, dapat ditemukan secara alami dari buah-buahan dan madu. Umumnya digunakan sebagai bahan tambahan minuman. Gula pasir yang umumnya digunakan adalah sukrosa yang mengandung gugus fruktosa dan glukosa.