Brilio.net - Ada fitur dari Google yang sepertinya menjadi salah satu pesaing dari fitur di Pinterest. Google menambahkan kemampuan untuk mengelompokkan dan menyimpan foto dari Image Search menjadi 'Collections' yang bisa diakses lagi sewaktu-waktu. Suka atau tidak suka, untuk saat ini, fitur 'Collections' baru tersedia bagi pengguna di Amerika Serikat (AS) yang mengakses Google Image Search dari mobile browser, Android dan iOS.

Seperti yang dilansir brilio.net dari techrunch, Minggu (6/12), Collections di Images Search diprediksi akan bekerja dengan fitur, dengan nama dan fungsi sama di Google+. Semua akan terkoordinasi dan akan lebih mudah dalam penggunaan.

Google ubah image search jadi serupa Pinterest

foto: chrome.google.com

Alih-alih mencoba untuk berkolaborasi dengan Facebook, Google+ sekarang lebih tertarik untuk membantu penggunanya membuat dan berpartisipasi dalam komunitas online atau berbagi kelompok yang berisi gambar, link dan lingkaran teman-teman atau masyarakat luas. Dengan kata lain, Google+ kini bertujuan untuk bersaing dengan layanan sosial seperti Reddit, mungkin juga dengan Pinterest.

Google ubah image search jadi serupa Pinterest

foto: techrunch.com

Karena masih tahap beta, keduanya, Google+ dan Google Image Search belum saling terintegrasi. Namun penamaan yang sama, memunculkan spekulasi bahwa Google ingin menyatukan fungsinya. Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengatur hasil pencarian di folder yang berbeda-beda. Untuk menggunakannya, pengguna harus log in ke akun Google sehingga gambar yang disimpan bisa di-attach ke identitas online Google.

Google ubah image search jadi serupa Pinterest

foto: techrunch.com

Dengan fungsi tersebut, mengatur dan mengelompokkan foto jadi lebih rapi, berdasarkan topik. Pengguna juga bisa dengan mudah menemukannya lagi karena gampang dikenali dari nama-nama kategori yang sudah dibuat.

Sekilas, fitur Collections membuat Google Image Search mirip Pinterest. Jejaring sosial berbagi foto tersebut dikenal dengan sistem pencarian dan pengaturan foto seperti ini.