Brilio.net - Seiring semakin meningkatnya penggunaan perangkat smartphone dalam mengakses internet, Google akan memperbarui algoritma mesin pencari (search engine) mereka yang diberi nama MobileGeddon. Metode pencarian tersebut kabarnya lebih menganakemaskan situs-situs yang ramah perangkat mobile.

Tepat pada tanggal 21 April 2015, Google akan memperbarui algoritma mereka. Jika sebelumnya Google memberikan nama algoritma mereka dengan nama-nama hewan, seperti Panda, Penguin, Humming Bird, dan Pigeon, untuk rilis kali ini tampaknya agak berbeda.

Algoritma MobileGeddon menitikberatkan pada situs-situs yang mobile friendly alias tampilan antar muka situs bisa menyesuaikan sesuai dengan gadget. Secara spesifik, Google memang tidak menjelaskan situs yang seperti apa yang bersahabat dengan mesin pencari mereka. Namun, Google menyediakan halaman khusus untuk menguji apakah suatu situs ramah terhadap perangkat ponsel.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan perangkat ponsel pintar memang meningkat tajam. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya jika Google melirik potensi pasar tersebut. Dalam laporan terbaru, Google mencatat setidaknya ada sekitar 60 persen trafik internet berasal dari pengguna ponsel.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Pembaharuan algoritma memang bukan hal baru bagi Google. Sebelumnya, Google pernah beberapa kali mengupdate sistem algoritma demi mengoptimalkan hasil pencarian di search engine mereka.

(brl/swh)