Brilio.net - Empat mahasiswa Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan aplikasi untuk membantu memudahkan ibu hamil melihat perkembangan kesehatan dirinya.

Aplikasi ini bertujuan untuk mengurangi tigkat kematian pada ibu hamil. Proyek yang diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2013 ini bernama GIZMIL - Aplikasi Pemantau Kesehatan Ibu Hamil.

Keempat mahasiswa penghasil karya GIZMIL adalah Nur Bekti Arum, Affan Widyan, Gama Aulia Arifin, dan Nanang Makfi Mubarok.

Gizmil, aplikasi kesehatan ibu hamil temuan mahasiswa UGM

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

GIZMIL merupakan sebuah aplikasi pemantau kesehatan ibu hamil yang bertujuan untuk menurunkan rasio kematian ibu hamil dengan menggunakan sistem informasi dan monitoring pada platform handheld berbasis Android.

"GIZMIL membantu para ibu hamil untuk memantau kesehatan kehamilannya sendiri sekaligus mendapat pengetahuan berguna seputar komposisi gizi dan berat badan yang optimal untuk kehamilan, sehingga dapat meningkatkan kesehatan janin dan mengurangi risiko terjadinya kematian saat persalinan," tutur Nur Bekti.

Melalui aplikasi ini, ibu hamil bisa mengetahui Body Mass Index apakah terkategori underweight, normal atau obesitas. Lalu ibu hamil akan diberi saran untuk menaikkan berat badannya dalam kisaran tertentu.

"Body Mass Index (BMI) adalah pengukuran bentuk tubuh manusia berdasarkan berat dan tinggi badan seseorang. BMI dapat menentukan berapa berat badan yang layak Anda tambah untuk mempersiapkan kehamilan dengan baik," ungkap Nur Bekti selaku ketua tim.

Selain itu, disertakan juga mengenai info perkembangan janin per bulannya sehingga calon ibu memperoleh tambahan pengetahuan dan gambaran apa yang mesti dilakukannya. Tips-tips juga diberikan oleh Nur Bekti dalam aplikasi ini. Ini akan sangat berguna bagi pasangan yang baru akan melahirkan anak pertamanya. 

Gizmil, aplikasi kesehatan ibu hamil temuan mahasiswa UGM

Misalnya pada usia kehamilan 9-12 minggu, disarankan untuk mengenakan bra dan pakaian yang lebih nyaman bagi ibu hamil karena calon bunda mungkin merasakan bahwa payudara dan bentuk tubuh mulai berubah.

Selain itu, supaya menjaga rutinitas olahraga dan makan makanan sehat agar menjaga citra positif bentuk tubuh calon bunda. Aplikasi ini bisa diakses di gizmil.com.

(brl/swh)