Brilio.net - Siapa bilang jadi mahasiswa baru (maba) selalu identik dengan junior yang tak berdaya? Eits jangan salah di UNY ada seorang mahasiswa yang baru menginjak semester dua, namun sudah dianugerahi sebagai mahasiswa berprestasi lho.

Dia adalah Rifaldy Fajar, pria asal Bulukumba, Makassar, Sulsel ini berhasil memperoleh predikat mahasiswa berprestasi (mapres) 2 FMIPA UNY. Rifaldy menjadi satu-satunya mahasiswa angkatan baru yang berhasil memperoleh prestasi bergengsi ini.

"Temen-temen nyebutnya saya mapres (mahasiswa berprestasi) prematur, karena memang cuma saya saja di angkatan 2014 yang mengajukan persyaratan mengikuti ajang ini," ungkap Rifaldy kepada brilio.net, Kamis (30/4). "Awalnya cuma coba-coba eh alhamdulillah saya berhasil jadi mapres 2 di FMIPA UNY."

Keberhasilan Rifaldy dalam meraih gelar mahasiswa berprestasi tak terlepas dari kegigihannya dalam mengikuti berbagai event lomba dan karya ilmiah. Tercatat sejak masuk kuliah hingga sekarang, Rifaldy telah mengikuti 20 perlombaan. Beberapa diantaranya berhasil memperoleh prestasi membanggakan hingga tingkat internasional.

"Bisa dibilang saya gila lomba, kampus menurut saya bukan hanya sekedar tempat kuliah saja melainkan juga tempat mengembangkan soft skill, salah satunya dengan mengikuti lomba," lanjut Rifaldy. "Saya bahkan pernah dalam beberapa hari hanya minum air saja karena uang habis digunakan untuk mengikuti lomba."

Loading...

Meski begitu pria berusia 19 tahun ini mengaku senang dengan segala kesibukannya di berbagai lomba. Menurutnya itu jauh lebih bermanfaat daripada digunakan untuk berdemo atau pacaran seperti mahasiswa lainnya kebanyakan. "Motivasi saya adalah mencari pengalaman, relasi dan meningkatkan komunikasi di depan umum. Cita-cita saya ke depannya ingin bisa belajar di luar negeri untuk menjadi peneliti dan dosen," pungkas Rifaldy.