Brilio.net - Di berbagai belahan dunia kerap terjadi pelecehan seksual terhadap kaum wanita di kendaraan umum. Atas alasan itulah, banyak wanita yang merasa resah berada satu kendaraan umum.

Kondisi itu juga dirasakan penumpang wanita di Malaysia. Untuk menumpas rasa resah itu, pemerintah Malaysia menyediakan dua gerbong KTM (Kereta Tanah Melayu) khusus untuk wanita.

Dari tempat menunggu KTM-nya sudah didesain khusus untuk wanita. Penandanya adalah tiang yang berwarna pink. Kemudian juga terdapat blok yang berwarna pink dengan lambang wanita dan bertuliskan "Wanita Sahaja-Ladies Only" di lantai stasiun.

Memasuki KTM, akan terlihat jelas stiker besar berlogo wajah wanita dan bertuliskan wanita sahaja sepanjang masa. Selain itu juga ada tulisan Koc Wanita. KOC adalah kata Melayu yang diserap dari bahasa Inggris, coach, yang dalam bahasa Indonesia berarti gerbong.

Salah seorang penumpang wanita asli melayu, Alif, kepada brilio.net, Minggu (10/5) mengatakan, "Koc ini memberi keselesaan (kenyamanan) dan jaminan keselamatan buat penumpang wanita. Wanita terelakkan (terhindarkan) dari pada resiko gangguan lelaki usil yang hendak macam-macam. Wanita juga tak pantas bersesak-sesak dengan penumpang lelaki."

Gerbong khusus untuk penumpang wanita ini juga telah ada di KRL Commuter Line di Jakarta. Dalam setiap rangkaian KRL, ada dua gerbong yang dikhususkan untuk wanita, yakni gerbong pertama dan terakhir. Gerbong diberi stiker yang menandakan hanya penumpang wanita yang boleh naik di dalamnya. Guna mencegah adanya penumpang pria, di gerbong tersebut dijaga oleh petugas.