×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Fakta menarik tentang Sandiaga Uno yang tidak banyak diketahui orang

View Image

0

BRILIO » News

Fakta menarik tentang Sandiaga Uno yang tidak banyak diketahui orang

Sandiaga lulus dari George Washington University, Amerika Serikat dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00 pada tahun 1992.

20 / 09 / 2015

Brilio.net - Sandiaga Salahudin Uno banyak dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses. Pria kelahiran 28 Juni 1969 di Rumbai, Pekanbaru ini juga menambah daftar panjang para pengusaha yang masuk dalam ranah politik. Tapi di balik kegemilangannya dalam bidang bisnis, tak banyak yang tahu bagaimana sosok Sandiaga.

Nah, berikut ini fakta-fakta yang tidak banyak diketahui orang tentang sosok Sandiaga Uno, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber.

1. Lulusan AS dengan IPK 4,00

Sandiaga merupakan lulusan Wichita State University, Amerika Serikat, dengan predikat summa cum laude pada tahun 1990. Dia melanjutkan studi di George Washington University, Amerika Serikat kemudian lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00 pada tahun 1992.

2. Menjadi pengangguran

Loading...

Mengawali karier sebagai karyawan Bank Summa pada 1990 kemudian berpindah-pindah pekerjaan sebelum terakhir bekerja di NTI Resources Ltd, Kanada sebagai Executive Vice President. Namun karena krisis moneter sejak akhir 1997, perusahaan tersebut bangkrut sehingga ia harus pulang ke Tanah Air sebagai pengangguran.

3. Bangkit dari krisis

Untuk melepaskan status sebagai pengangguran, pada tahun 1997 Sandiaga Uno mendirikan PT Recapital Advisors dengan teman sekolahnya, Rosan Perkasa Roeslani. Kemudian pada tahun 1998, ia mendirikan Saratoga Capital bersama Edwin Soeryadjaya. Mekanisme kinerja perusahaan itu sendiri adalah menghimpun modal investor untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah keuangan atau dikenal sebagai firma investasi.

Sukses dengan bisnisnya, lantas pada tahun 2011, ia membeli 51 persen saham Mandala Airlines. Ia juga tercatat sebagai Jajaran Direksi PT Adaro Indonesia (Pertambangan Batu Bara Kalimantan Selatan), Jajaran Direksi PT Indonesia Bulk Terminal (Terminal Batu Bara Kalimantan Selatan), Jajaran Direksi PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (Telekom Operator Jawa Tengah), Jajaran Direksi Interra Resources Limited (Minyak dan Gas), Jajaran Direksi iFORTE Solusi Infotek.

4. Masuk daftar orang terkaya Indonesia

Tahun 2011, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Sandiaga Uno menduduki peringkat ke-37 dengan total kekayaan USD 660 juta. Kini jumlah kekayaannya seudah mencapai sekitar USD 795 juta.

5. Bergabung ke partai politik

Pada 10 Juni 2015 ia melepas jabatannya sebagai Direktur Utama PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Alasannya karena ingin fokus pada tugas barunya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

6. Terlibat dalam olahraga Tanah Air

Sandiaga pernah menjadi Manajer Timnas Bola Basket Putri Indonesia di ajang SEA Games 2005 di Filipina. Pada tahun 2013, Sandiaga juga terpilih sebagai ketua umum PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) menggantikan Hilmi Panigoro setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PRS.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more