Brilio.net - Sudah mulai masuk musim penghujan, beberapa tempat di daerah kamu tentunya sudah ada yang disambangi hujan. Selain mulai waspada dengan adanya penyakit yang biasanya mengintai di saat musim hujan mulai tiba, dan selain galau tak jelas masalah percintaanmu yang selalu rumit kayak rumus matematika tak terpecahkan, lebih baik kamu menyimak beberapa fakta unik tentang hujan pertama yang turun ke bumi berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/11).

Dijamin kamu pasti baru tahu!

1. Munculnya petrichor

Fakta-fakta berikut ini terjadi ketika hujan pertama turun ke bumifoto: act.id

Loading...

Buat kamu yang belum tahu apa itu petrichor, petrichor adalah salah satu bau alami yang tercium saat hujan turun membasahi tanah yang kering. Istilah petrichor diciptakan dari kosakata Yunani oleh dua ilmuwan Australia, Bear dan Thomas, pada tahun 1964 dalam jurnal ilmiahnya. Bagi kamu yang sedang galau, petrichor bisa menjadi mesin waktu untuk mengenang masa lalu. Hati-hati, ya!

2. Membersihkan udara

Fakta-fakta berikut ini terjadi ketika hujan pertama turun ke bumifoto: citylab.com

Air hujan juga memiliki fungsi untuk membersihkan udara, lho. Coba kamu perhatikan, setelah hujan pertama turun, udara akan menjadi lebih bersih dan segar. Tidak lagi terasa panas dan gerah. Benar, tidak?

3. Tidak baik untuk kesehatan

Fakta-fakta berikut ini terjadi ketika hujan pertama turun ke bumi

foto: webmd.com

Air hujan yang turun pertama kali sangat tidak baik untuk kesehatan. Jadi, bila kamu ingin main hujan-hujanan, pastikan 5 menit setelah hujan pertama turun. Selain mengganggu kesehatanmu, hujan pertama yang turun juga bisa merusak rambutmu, lho.

4. Kotor

Fakta-fakta berikut ini terjadi ketika hujan pertama turun ke bumifoto: q13fox.com

Bila sebelumnya tanah kering dan berdebu, lalu tiba-tiba tersiram hujan pertama kali, maka akan ada cipratan air lumpur di mana-mana. Hal tersebut akan membuat lingkungan menjadi kotor.

5. Memiliki kecepatan rendah

Fakta-fakta berikut ini terjadi ketika hujan pertama turun ke bumifoto: globe-views.com

Air hujan pertama yang jatuh ke bumi memiliki kecepatan yang rendah.  Hal ini karena hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan lebih rendah. Bayangkan bila hujan turun dengan kecepatan tinggi, pasti sesampainya di bumi akan banyak kerusakan yang terjadi, ya.

6. Hujan ternyata bisa menghipnotis

Fakta-fakta berikut ini terjadi ketika hujan pertama turun ke bumi

foto: laughingsquid.com

Hujan pertama memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia, yakni dengan meresonansikan ingatan masa lalu. Meski tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, para ilmuwan percaya bahwa di dalam hujan ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu. (Hayo, jangan galau!)

7. Satu tetes hujan yang pertama turun ternyata berat

Fakta-fakta berikut ini terjadi ketika hujan pertama turun ke bumifoto: 350sav.fotomaps.ru

Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian atau dari langit tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm. Lumayan berat, ya?

8. Bentuk air hujan ternyata berubah-ubah

Fakta-fakta berikut ini terjadi ketika hujan pertama turun ke bumifoto: aliasstudiosydney.com

Bentuk air hujan berubah bentuk hingga ratusan kali dalam satu detik. Mulai dari air hujan yang turun pertama hingga nantinya hujan selesai. Bentuk yang biasanya terlihat adalah hampir bulat, semakin besar, maka bentuknya semakin ceper seperti roti hamburger.