Brilio.net - Gerhana bulan yang akan terjadi pada Sabtu (4/4) hari ini merupakan fenomena yang tak biasa. Gerhana itu merupakan gerhana bulan terpendek dalam kurun 500 tahun terakhir.

Jika biasanya gerhana bulan berlangsung lebih dari 15 menit, namun gerhana bulan hari ini berlangsung sangat pendek, kurang dari 5 menit. Bahkan, menutur astronom, totalitas gerhana akan terjadi dengan durasi 4 menit 43 detik.

Adapun panjang pendeknya totalitas gerhana dipengaruhi dua hal, yaitu jarak bumi dan bulan serta jarak bumi dan matahari. Saat gerhana terjadi, bumi berada cukup dekat dengan matahari, tepat antara titik terjauh (aphelion) dan titik terdekat (perihelion). Sementara, jarak bumi dan bulan cukup jauh, mendekati apogee (titik terjauh). Adanya kombinasi dua hal ini menjadikan bulan tidak tenggelam terlalu dalam pada saat melewati area bayangan bumi, sehingga memengaruhi durasi totalitasnya. Fenomena gerhana bulan dengan totalitas yang relatif pendek hanya terjadi 18,3 tahun sekali.

Menurut perhitungan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), fenomena ini adalah gerhana bulan total. Kabar baiknya, gerhana hari ini bisa disaksikan dari seluruh Indonesia. Gerhana hari ini (4/4) akan dimulai pada pukul 17.16-20.45 WIB. Totalitas akan berlangsung pada pukul 18.58-19.02 WIB.

Loading...