Brilio.net - Menjadi siswa SMA zaman sekarang rasanya pusing deh. Sedikit-sedikit harus galau karena dihadapkan akan dua pilihan. Kali ini mereka juga harus memilih antara MIA dan IIS. Eitss namun jangan salah paham, MIA dan IIS ini bukan nama cewek lho.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) nomor 59 tahun 2014, MIA dan IIS merupakan nama baru untuk IPA dan IPS.

Nama MIA dan IIS sudah mulai direalisasikan mulai tahun ajaran kemarin 2014/2015. MIA sendiri merupakan singkatan dari Matematika dan Ilmu Alam. Sedangkan IIS adalah singkatan dari Ilmu-Ilmu Sosial.

Meski berubah nama tapi pelajaran yang diajarkan tetap sama seperti dulu. Mata pelajaran wajib peminatan untuk MIA adalah Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia. Sedangkan Untuk IIS pelajaran wajibnya adalah Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi.

Hal serupa juga terjadi di kelas peminatan Bahasa yang sekarang berubah menjadi IBB (Ilmu Bahasa dan Budaya). Pelajaran wajibnya adalah Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Antropologi serta Bahasa Asing lain. Pemilihan jurusan ini juga mulai dilaksanakan sejak masuk kelas X bukannya kelas XI seperti zaman dulu.

Loading...