Brilio.net - Peta dunia yang ada saat ini dengan beberapa tahun silam mengalami perubahan signifikan. Terungkap, banyak pulau-pulau yang awalnya terdapat dalam peta dunia menghilang.

Achim Steiner, staf Sekjen PBB sekaligus Direktur Eksekutif Program Lingkungan PBB menyatakan, saat ini banyak pulau yang telah hancur dan dinyatakan menghilang.

Kamu masih ingat dengan rumor menghilangnya benua Atlantis di masa lalu? Nah, sekarang kejadian yang serupa terulang. Berikut ini brilio.net memaparkan pulau-pulau yang telah menghilang dari peta dunia.

1. Loharchara, India
Salah satu wilayah kepulauan ini berada di India. Terdaftar sekitar 10.000 orang yang menghuni pulau tersebut. Sekitar 102 Kepulauan Sundarban, tenggelam di bawah permukaan Teluk Bengal pada tahun 2006.

Saat ini kondisi Kepulauan Sundarban memang sangat memprihatinkan, 54 dari 102 pulau yang ada kini rata dengan air laut dan tidak dapat ditemukan keberadaannya.

2. Chesapeake, Maryland, AS
Naiknya muka air laut dan kondisi geologi bumi yang tidak dapat diprediksi dengan akurat, membuat 13 pulau yang berada di Chesapeake kini menghilang dari peta dunia. 13 pulau tersebut dikabarkan tenggelam dan berada di bawah permukaan air laut, tidak terhitung jumlah kerugian yang diakibatkan dari menghilangnya pulau-pulau tersebut.

3. Marjuro, Kepulauan Marshall
Saat ini Marjuro, salah satu bagian dari Kepulauan Marshall telah kehilangan 80% dari wilayah kepulauannya dan Marjuro juga dinyatakan sebagai salah satu pulau yang tenggelam.

4. Kecamatan Sayung, Demak, Indonesia
Siapa sangka, hilangnya daratan dari peta dunia juga terjadi di Indonesia, salah satunya adalah di daerah Demak. Kecematan Sayung dinyatakan telah banyak kehilangan daratan, hampir 70% dari daerah tersebut telah menjadi lautan. Hal ini diakibatkan oleh pemanasan global dan eksplorasi daerah pesisir secara berlebihan, haduh.

5. Kepulauan Kiribati
Pada tahun 2007, terpaksa 25 juta orang yang menghuni kepulauan Kiribati harus mengungsi dan meninggalkan tempat tinggal mereka yang telah dihuni sekitar 1 abad. 30 pulau dari kepulauan Karibiti menghilang. Hal tersebut dikarenakan pulau tempat mereka telah lenyap dan menjadi lautan.

Menurut para ahli yang menghadiri konferensi lingkungan di California, AS, meningkatnya permukaan air laut memang menjadi faktor utama menghilangnya beberapa pulau.

Disinyalir dalam waktu sehari bumi bisa kehilangan 1 hingga 5 pulau, baik yang berpenghuni ataupun tidak. Jika hal ini terus terjadi, maka tidak menutup kemungkinan Indonesia juga akan tenggelam.