Brilio.net - Polisi masih terus melakukan penyelidikan terhadap aksi teroris di pos polisi kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Polisi menduga kejadian tersebut dilakukan oleh kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Namun, di media sosial ramai beredar berbagai dugaan sebab aksi teror tersebut. Berikut brilio.net sajikan dugaan tanpa dasar yang menjadi viral dari berbagai sumber, Kamis (14/1):

1. Katanya sih yang bikin meme ini pelakunya

Dugaan tak jelas sebab teror Sarinah ini viral di media sosial, duh!

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: facebook.com

Netizen berasumsi terduga pelaku teror Sarinah adalah pembuat meme di atas. Nggak jelas dasar tuduhan tersebut.

"Konon ini meme lama. Apa pelaku bom Jakarta yang buat meme ini ya? Semacam ancaman gitu," tulis akun anonim tesebut di Facebook.

2. Katanya sih ada hubungannya sama Freeport

Dugaan tak jelas sebab teror Sarinah ini viral di media sosial, duh!

foto: twitter.com

Seorang netizen pemilik akun @ferizandra menulis di Twitter, Rabu (13/1), jika akan ada pengalihan isu terkait batas waktu Freeport untuk melakukan divestasi saham, yang deadline-nya hari ini, Kamis (14/1).

3. Antara tagar peduli dengan anjloknya kurs Rupiah

Dugaan tak jelas sebab teror Sarinah ini viral di media sosial, duh!

foto: twitter.com

Capture penolakan tagar #PrayForjakarta dan alasannya membuat beberapa pihak angkat bicara. Jadinya seperti di atas, boleh percaya atau tidak.

Kamu harus ingat motif di balik peristiwa ini masih diselidiki oleh kepolisian. Jika kamu memperoleh informasi ada baiknya untuk mengecek kembali atau mencari informasi yang lebih akurat dari media massa atau akun resmi pihak berwenang. Ingat, jangan mudah terprovokasi ya!

(brl/fen)