Brilio.net - Kekayaan bangsa indonesia memang tidak terbatas pada sumber daya alamnya saja, ada banyak kekayaan lokal yang bahkan belum diketahui oleh bangsa sendiri, mainan tradisonal misalnya. Banyak sekali mainan tradisional khas daerah yang ada di Indonesia, salah satunya jakrakan. Mainan tradisional yang terbuat dari dedaunan ini menjadi kerajinan khas desa Jatilangkir, Kecamatan Tikung, Kota Lamongan, Jawa Timur.

Dolanan tradisional ini pernah diborong 1 truk oleh Presiden Soeharto

Mbah Lim, salah seorang kakek usia 60 tahun yang merantau dari kampung halamannya ke Yogyakarta, menuturkan pada brilio.net beberapa waktu lalu bahwa dolanan jakrakan adalah mainan khas desanya Jatilangkir. Bahkan Mbah Lim mengatakan bahwa mainan jakrakan itu tidak sembarang orang bisa membuatnya. "Bahkan tetangga desa mawon mboten saged ndamel (bahkan warga desa tetangga saja tidak bisa membuat itu)," tuturnya.

Selain menjadi hasil kerajinan kampung halamannya, Mbah Lim menambahkan, jakrakan juga sangat dibanggakan oleh warga setempat. Pasalnya merantau dengan berjualan jakrakan sekan menjadi sumber penghasilan utama warga, di samping bertani. Bahkan saking terkenalnya, kabar tersebut sampai ketelingga presiden pada waktu itu, Soeharto.

Presiden Soeharto pernah memborong dolanan ini sebanyak satu truk untuk dijadikan suvenir buat sanak familinya pada waktu itu. Mbah Lim menuturkan, tiga temannya sampai dibawa ke Jakarta oleh presiden Soeharto untuk merakit jakrakan tersebut. "Perakitannya saja membutuhkan waktu sampai lima hari," ujarnya.

Loading...

Sayangnya mainan ini sekarang sudah hampir hilang ditelan zaman.