Brilio.net - Tidak ada habis-habisnya kalau membincangkan yang namanya gadget. Setiap hari teknologi baru pasti diciptakan. Setiap menit bahkan detik sekalipun, ada ribuan gadget baru yang bermunculan di pasaran. Semuanya memiliki tujuan yang sama, untuk memudahkan manusia dalam melaksanakan semua aktivitasnya.

Dari mulai teknologi layar warna, kamera , kalkulator, menulis dokumen, bahkan satu fitur yang sering digembar-gemborkan oleh sebuah produsen ponsel asal Jepang, Sony. Mereka mengklaim produk bersertifikat tahan airnya yang mampu digunakan pada kedalaman tertentu. Terdengar keren ya?

Menurut kabar terbaru, seperti dikutip brilio.net dari laman Phone Arena, Sabtu (12/9), pihak Sony justru menyarankan untuk tidak menggunakan semua produk smartphone maupun tablet yang buatan mereka yang digunakan di dalam air. Termasuk produk terbarunya Xperia Z5 Premium dan Xperia Z5 Compact yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu yang diklaim tahan debu dan air. Nah lho?!

Dalam keterangan di halaman produk resmi, Sony, memberikan catatan bahwa, "Kamu tidak boleh membawa atau menggunakan perangkat tersebut ke dalam air laut, air garam, air berklorin, atau cairan apapun seperti misalnya minuman. Pelanggaran atau penggunaan yang tidak benar terhadap perangkat akan menghilangkan garansi".

Sony bahkan memberikan tautan ke halaman website resmi mereka yang semakin menegaskan "aturan main" baru yang ditetapkannya ini. Mereka bahkan melarang dengan keras bagi para pengguna smartphone Xperia untuk tidak menggunakannya berfoto atau beraktivitas di dalam air.

Walaupun begitu, kerusakan kecil yang disebabkan oleh guyuran air hujan, cipratan minuman, atau karena penggunaan dengan tangan yang basah masih bisa diklaim garansi produknya.

Masih menurut pihak Sony, setiap smartphone disebutkan memiliki rating IP yang menjamin bahwa smartphone tersebut masih dapat berfungsi setelahnya. Akan tetapi itu hanya terjadi dalam eksperimen yang dipantau dan diawasi secara ketat. Bahkan memasukkan smartphone ke dalam air pun harus dilakukan secara hati-hati kalau tidak mau gadgetmu rusak dan garansinya hangus.

Duh, bikin gagal paham ya? Antidebu dan antiair tapi garansi justru hangus saat dibawa aktivitas underwater?