Brilio.net - Biaya pendidikan tidaklah murah. Tak heran jika banyak pengenyam pendidikan mencari beasiswa. Kendati demikian kamu mesti hati-hati terhadap tawaran beasiswa cermati siapa yang menawarkan beasiswa tersebut.

Ndri (21) membagikan kisahnya berburu beasiswa pada brilio.net melalui sambungan bebas pulsa 0-800-1-555-999, Kamis (17/12). Pria asal Nunukan, Kalimantan Utara ini pernah mengajukan beasiswa kepada pemerintah daerah pada tahun 2013. Setelah diumumkan, Ndri belum ditakdirkan menjadi salah satu penerimanya.

Pria yang juga pernah tinggal di Malinau ini kemudian mendapat tawaran dari sekelompok orang untuk mengikuti program beasiswa pengganti. Ndri bersama puluhan orang lainnya yang tertarik dengan itu kemudian menerima. Sebanyak 23 orang dinyatakan sebagai penerima beasiswa, Ndri termasuk di dalamnya.
 
"Karena tidak lolos, kami dimasukkan ke program yang 23 orang ini. Mereka bilang ini program pemerintah juga. Tapi sebenarnya bukan," aku Ndri.

Akhirnya pada tahun yang sama dia bersama 22 orang lainnya tetap melanjutkan untuk menjadi mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (Stitek) Balik Diwa Makasar. Mereka terpaksa membiayai sendiri biaya kuliah mereka di kampus tersebut. Pria ini menjelaskan, sejak masuk kuliah hingga kini mereka tetap berupaya menghubungi pihak terkait agar beasiswa yang dijanjikan cair.

Belakangan baru mereka tahu bahwa orang-orang yang menjanjikan beasiswa pada mereka bukanlah benar-benar atas nama pemerintah. Ketika pada pertengahan tahun 2015 lalu diadakan sosialisasi beasiswa di daerah, Ndri yang berkesempatan pulang kampung tak lupa menanyakan perihal beasiswa ini.

Ndri bilang dia dan kawan-kawannya sudah menyampaikan masalah beasiswa tersebut kepada pihak kampus."Mereka (pihak kampus) sempat merasa kasihan dengan kami, karena kami sudah cerita terbuka. Ada dua semester kami dapat beasiswa," kisahnya.

Beruntung selama mereka kuliah ada banyak tawaran beasiswa di kampus. Tak mau kehilangan kesempatan mereka juga menjajal peruntungan beasiswa dari pihak swasta. Ndri mengakui, mendapat  1.000.000 setiap tahunnya sudah membantu mereka.

Nah, buat kamu yang berburu beasiswa ada baiknya kamu teliti dan cari tahu siapa pihak pemberi beasiswa. Jangan sampai tertipu dan mendapatkan harapan palsu.

Cerita ini disampaikan oleh Ndri melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu!