Brilio.net - Apa yang ditemukan dua mahasiswa Teknik Kimia UII Yogyakarta ini, Malichah Muhtarromah dan Nurul Khadaryati, sungguh luar biasa dan tentunya bisa menginspirasi kamu. Kedua mahasisiwa itu menemukan serat batang pisang (gedebok) dan bambu bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan baby diapers. Mereka dibantu dua orang dari Teknik Informatika Dantik Puspita Sari dan Ilma Fadhlia Furqaana.

Malichah, ketua tim, menyebutkan, serat bambu juga punya daya serap tinggi sehingga bisa juga dipakai untuk bahan pembuatan diapers. Untuk serat bambu, secara teori, semakin dasar semakin bagus daya serapnya. "Cuma kita mau fokus satu dulu jadi kita pilih yang batang pisang," aku mahasiswi semester 6 itu.

Prinsipnya, semakin banyak selulosa maka semakin baik daya serapnya. "Kita masih uji coba tiga sampel, lapisan luar, lapisan tengah, dan lapisan dalam dari batang pisang. Nanti kita lihat mana yang paling bagus daya serapnya," tutur Malichah. Tanaman pisang ini relatif mudah ditemui karena bisa tumbuh di mana saja sehingga untuk memperoleh bahan baku tidak menjadi kendala.

Saat ini, proses pembuatan diapers dari batang pisang itu sudah sampai tahap pengepresan serat. Tahap berikutnya adalah pengujian masing-masing sampel ke laboratorium untuk mengetahui daya serapnya. Lalu diputihkan dengan asam sulfat agar tampak lebih putih dan bersih.

Nantinya akan diupayakan untuk menjadi usaha rumahan. "Harapannya ini nanti tidak berhenti cuma sampai di PKM (program kreativitas mahasiswa) aja, kita mau jadikan ini sebagai Tugas Akhir juga. Nanti kita juga usahakan biar bisa jadi usaha rumahan," tutur Malichah.

Di tangan mahasiswa UII Jogja, gedebok pisang jadi diapers bayi

Di tangan mahasiswa UII Jogja, gedebok pisang jadi diapers bayi

Di tangan mahasiswa UII Jogja, gedebok pisang jadi diapers bayi

(brl/pep)