Brilio.net - Kalau kamu termasuk anak muda kekinian mungkin kamu bakal bilang wayang itu jadul, kuno, bosenin, nggak eye catching? Mungkin ada juga di antara kamu yang malu memamerkan produk-produk yang berbau wayang di tempat umum.

Karena sudah tak acuh lagi dengan yang namanya wayang, pengetahuan jadi hilang saat ada yang nanyai kamu tentang kisah salah satu tokoh wayang. Miris memang, tapi bukan seratus persen salah anak muda zaman sekarang juga. Cekokan gadget membuat anak muda kini lebih suka hal-hal yang lagi booming di dunia.

Di tangan Ipung, wayang jadi gaul dan disukai remaja Paman Sam
Nah untuk memfasilitasi kamu-kamu yang kekinian seperti itu tapi tetap ingin melestarikan budaya sendiri, Ipung Kurniawan membuat inovasi baru untuk dunia wayang Indonesia. Dengan keluwesan tangannya dia bisa menghadirkan tokoh wayang dalam bentuk seni vektor (suatu gambar yang bila di-zoom-kan hanya terdiri dari titik dan garis tanpa adanya arsiran) yang menawan.

"Aku bikin wayang itu jadi anak muda banget. Caranya ya bikin yang sederhana, nggak rumit kaya wayang konvensional. Nantinya wayang itu bisa dihadirkan di kaos-kaos. Mereka bisa bangga buat mewarisi budaya wayang," tutur Ipung saat mengisi suatu acara di Yogyatourium (23/4).

Kaos-kaos yang dia desain kini telah beredar di pusat pembelanjaan FX Senayan. Selain itu, desain wayangnya juga dicetak dalam bentuk kartu remi yang laris di kalangan anak muda Amerika Serikat.

Di tangan Ipung, wayang jadi gaul dan disukai remaja Paman Sam
Larisnya produk wayang sampai negeri Paman Sam menjadi bukti motif wayang Indonesia bisa jadi tren dunia. Jadi sekarang kamu bisa bangga nenteng-nenteng produk berbau wayang saat hang out.