Kalau mendengar nama Volkswagen (VW), kebanyakan kita mungkin bakal mikir tentang mobil kodok yang unik atau disebut VW Bettle. Tapi sebenarnya VW itu nggak melulu mobil kodok. Salah satu mobil VW yang nggak kodok adalah VW Up dan kerennya, perancangnya adalah desainer asal Indonesia.

Christian Lesmana adalah sang desainer tersebut. Ia merancangnya bersama Klaus Bischoff dan Marco Antonio Pavone. Pria kelahiran Bandung, 15 Maret 1969 ini pernah mengenyam pendidikan di Jurusan Desain Produk Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Hochschule für Gestaltung di Pforzheim pada 1993-1997. Kini, Chris menjabat sebagai Senior Exterior Designer di Volgswagen Group, yang berkantor di Jerman.

Desainer-desainer mobil mewah ini asli Indonesia foto: http://adavenautomodified.blogspot.co.id/

VW Up dirancang sebagai mobil kota mungil yang ramah lingkungan dan hemat bbm. Mobil ini diproduksi untuk pertama kalinya pada Desember 2011 di Bratislava, Slokavia. Awalnya, mobil ini dibekali dengan mesin 1000cc dan 1200cc dengan standar emisi euro5.  Namun belakangan mobil ini dimodifikasi dengan mengusung mesin listrik yang mampu menghasilkan power hingga 82hp. Dengan mengusung mesin listrik tersebut, dalam satu kali charge VW Up mampu menempuh jarak 150 km.

VW Up diselesaikan Chris selama 4 tahun dan mendapat sambutan baik dari pecinta VW di seluruh dunia. Buktinya, VW Up menjadi mobil terbaik di New York International Auto Show 2012.  Penjualannya juga sangat bagus, 23 juta unit di seluruh dunia dan 6 juta unit di antaranya di Amerika.

"Prestasi Chris sangat membanggakan, apalagi untuk komunitas Volgswagen di Indonesia," ungkap Aceng, mantan Ketua Komunitas VW Jogja. Aceng menambahkan VW Up rancangan Chris banyak digunakan di Indonesia."Bahkan sampai ke pelosok-pelosok negeri ada yang pakai. Paling banyak di Jakarta sih yang punya," tambah Aceng ketika dihubungi brilio.net Kamis (5/11).