Brilio.net - Bukan mahasiswa Indonesia kalau tidak kreatif. Kalimat inilah yang sepatutnya pantas untuk anak-anak Indonesia yang senantiasa membuat inovasi-inovasi baru. Satu lagi inovasi baru dari mahasiswa Indonesia yaitu, mediglow.

Mediglow merupakan alat inovatif untuk memudahkan pekerjaan dokter gigi. Dengan alat ini, dokter dokter akan terbantu saat memeriksa gigi pasien karena tidak harus menggunakan senter manual.

Mediglow dirancang oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Adalah Silva Eliana Aspriyanti, Ratih Setyawati, Zakaria Abdur Rahman, Muhammad Belva Ababil dan Dennis Atyugrastiwi.

"Di fakultas saya setiap tahunnya ada pengabdian masyarakat di sebuah desa. Ide ini muncul saat melakukan pengabdian masyarakat pemeriksaan kesehatan gigi gratis di desa," jelas Silva selaku ketua tim kepada brilio.net, Selasa (5/5).

Dengan 'mediglow' dokter gigi tak perlu lagi pakai senter, keren!

Loading...

Diakui Silva bahwa saat melakukan pengabdian masyarakat di desa-desa mereka mengalami berbagai kendala, salah satunya pemeriksaan gigi yang dilakukan dengan fasilitas terbatas, misalnya tidak menggunakan kursi dokter gigi yang telah dilengkapi pencahayaan, sehingga mereka kesulitan dan harus menggunakan senter sebagai alat bantu.

Sedangkan penggunaan senter sendiri dianggap ribet dan tidak fleksibel sesuai dengan keinginan dokter. Saat ini di Indonesia, alat kesehatan pemeriksaan gigi memang mengandalkan pencahayaan dari kursi dokter ataupun senter kepala.

Namun hal tersebut tidak praktis dan masih sangat menyulitkan kerja dokter gigi. Dengan adanya mediglow ini, maka pekerjaan pemeriksaaan gigi akan lebih mudah dan tidak begitu repot. Mediglow dirancang beberapa bulan untuk mendekati kesempurnaan sesuai yang diinginkan.

"Harapannya alat ini dapat terus disempurnakan dan mendapat dukungan dari berbagai pihak," lanjut Silva. Menariknya, mediglow benar-benar akan memberikan kemudahan bagi dokter gigi di masa yang akan datang, keren. Ini karya mereka, mana karyamu?