Brilio.net - Mungkin kamu sudah nggak asing lagi mendengar cewek jadi model majalah, model catwalk dan bahkan model freelance. Lepas dari stereotip itu, Lourdesta Febri Alkantana (19) gadis cantik asal Jogja ini menekuni jenis model yang berbeda yaitu women fitness model.

Pada awalnya, Febri sama sekali tidak tertarik dengan dunia fitness karena selama ini dirinya sudah menekuni banyak kegiatan seperti musik, MC, diving, caving dan berbagai kegiatan petualangan lainnya. Bahkan ketertarikannya pun muncul secara tidak diduga. Pada Agustus 2014 lalu, ayahnya Cahyo Alkantana membuka usaha gym di daerah Gondokusuman, Yogyakarta. Saat itulah Febri diminta untuk mengelola gym tersebut.

"Awalnya saya hanya berpikir untuk belajar mengelola suatu usaha, bukan untuk menekuni olahraganya. Sampai pada suatu saat saya terpaksa latihan karena saya malu jika ada member tanya tentang gerakan/latihan fitness saya tidak tahu. Akhirnya saya mulai belajar mengenal olahraga fitness, tapi belum rutin latihan," ujar Febri kepada brilio.net, Rabu (11/11).

Hingga pada bulan Agustus 2015, Febri berkenalan dengan Adya Novali seorang juara dunia binaraga. Setelah ngobrol banyak, Febri pun menyadari betapa pentingnya menjaga tubuh agar tetap bugar terutama di usia yang masih muda.

 

Awalnya tidak suka, si cantik Febri malah tekuni women fitness model


"Adya juga memberi bimbingan saya pada awal saya mulai latihan. Dia memberikan banyak pengarahan bagaimana latihan yang sesuai untuk porsi seorang wanita dan juga memberitahu bagaimana menata pola makan dan pola istirahat. Pada saat itu saya mulai memutuskan untuk fokus women fitness model," lanjut gadis yang juga menuntut ilmu di Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Yogyakarta tersebut.

Kepada brilio.net Febri juga menjelaskan bahwa women fitness model berbeda dengan binaragawati. Untuk binaragawati memiliki massa otot yang lebih besar dibandingkan dengan women fitness model. Dari segi pertandingan juga berbeda,  untuk pertandingan binaragawati penilaian dari segi pose seperti binaraga, ada tujuh pose. Kalau women fitnes model hanya empat pose.

Awalnya tidak suka, si cantik Febri malah tekuni women fitness model

Untuk menjaga kebugaran tubuhnya ini, Febri berlatih setiap hari bahkan kadang sehari dua kali. "Sebenarnya kalau ditanya mengenai bentuk tubuh itu tidak hanya dari porsi latihan, tapi harus diimbangi juga dengan pola makan yang sesuai dan istirahat yang cukup. Jangan sampai terlalu banyak latihan, pola makan dan pola tidur jadi tidak bagus, itu justru menyebabkan tubuh tidak sehat. Jadi antara latihan, pola makan dan istirahat harus seimbang," terang Febri.

Awalnya tidak suka, si cantik Febri malah tekuni women fitness model

Awalnya tidak suka, si cantik Febri malah tekuni women fitness model

Baru menekuni women fitness model selama empat bulan, Febri sudah menjuarai dua kompetisi, di Jakarta September 2015 di JCC Jakarta, Gold’s Gym Classic Competition Bodybuilding dan di Semarang, Oktober 2015, Kejuaraan Nasional Terbuka Body Contest Piala Gubernur Jawa Tengah. Saat ini dirinya juga sedang mempersiapkan diri untuk mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Woman fitness di Bangkok, 25-28 November 2015.

"Saya suka semua kegiatan yang saya jalani saat ini, dari women fitness model, kuliah, musik, mengelola Hardcore, dan kegiatan yang lain. Ini besok akan menjadi bekal yang sangat berguna dan bernilai buat saya ketika saya sudah dewasa," pungkas Febri.