Brilio.net - Kisah Utomo Purnomo dan Nurindra Sari yang menelantarkan anak kandungnya D (10), membuka cerita lainnya dari keluarga ini. Kondisi rumah pasangan keluarga tersebut yang penuh dengan sampah membuat masyarakat kini tahu bahwa ada istilah penyakit lain, yakni menimbun sampah.

Mungkin beberapa menyebut orang yang suka menimbun sampah dalam kamarnya bisa disebut menjijikkan atau gila. Namun dalam dunia medis ternyata perilaku ini disebut hoarders.

Hoarders sendiri merupakan penyakit di mana penderitanya akan menimbun semua barang dan sampah dalam ruangannya. Para penderita ini akan merasa marah atau panik jika salah satu barang yang dia timbun hilang atau dibersihkan. Mereka merasa terlalu sayang untuk membuang barang-barang yang telah susah payah dikumpulkan.

Di Amerika sendiri, orang dengan kelainan hoarders ini cukup banyak. Sampai-sampai pihak kepolisian mengancam akan mengusir orang-orang yang menimbun barang dan sampah di rumahnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir bahaya dalam rumah seperti cedera karena tersandung suatu barang atau kebakaran.