Brilio.net - Komika adalah sebutan untuk orang yang berprofesi membawakan Stand up Comedy (komedi tunggal). Sejak 2009 hingga sekarang komika menjadi semakin populer dan diminati oleh berbagai kalangan.

Sejak saat itu, muncullah komika-komika berprestasi di Indonesia. Namun, saat ini para komika tersebut bukan hanya sebatas melawak saja namun sudah mulai terjun ke dunia hiburan yang lain yaitu sebagai pemain film.

Berikut ini, brilio.net merangkum dari berbagai sumber ada 10 komika Indonesia yang juga dikenal sebagai aktor. Siapa aja sih?

1. Raditya Dika

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Loading...

Berbicara soal Raditya Dika, anak sulung dari 4 bersaudara ini bukan hanya seorang komika senior. Raditya Dika juga seorang blogger, penulis novel, sutradara film, bintang iklan dan juga aktor film layar lebar.

Raditya saat ini lebih sering muncul sebagai juri kompetisi stand up dan mengisi berbagai acara variety show di berbagai stasiun TV Indonesia. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa Dika juga lah termasuk proklamator Stand Up Comedy di Indonesia.

2. Pandji Pragiwaksono

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Komika yang satu ini juga terbilang senior. Pandji termasuk komika pertama yang menebar virus-virus stand up di Indonesia. Saat ini Pandji Pragiwaksono bukan hanya aktif sebagai komika, tapi juga bermain film dan seorang host di sebuah acara televisi swasta Indonesia.

3. Kemal Palevi

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Komika ganteng berwajah Arab ini adalah juara 3 kompetisi Stand Up  Comedy (SUCI) tahun 2012. Kemal terkenal dengan joke atau materi lawakan yang absurd dan kekinian. Sejak dikenal sebagai komika, Kemal semakin populer menjadi aktor, anak band dan Youtubers kece Indonesia.

4. Fico Fachriza

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Juara 2 SUCI3 tahun 2013 ini terkenal dengan sapaan serta nada bicaranya yang khas seperti ini "Assalamualaikum." (khas gaya bicaranya Fico). Fico juga termasuk komika yang cerdas dan paling produktif sejak kemunculannya.

Perlu pemahaman tingkat tinggi agar bisa memahami materi komedi yang terkesan polos dari cowok berusia 21tahun ini. Fico membuktikan kemampuannya ternyata bukan hanya menjadi komika saja namun juga telah menelurkan buku berjudul "Martabak Asam Manis" dan membintangi berbagai film layar lebar bersama komika lainnya.

5. Babe Cabita

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Babe dan Fico bisa dibilang memulai karier di waktu yang sama. Babe Cabita yang memiliki nama asli Priya Prayogha Pratama ini adalah juara 1 SUCI3 tahun 2013.

Inget rambut keriting gondrong dan perut buncitnya membuat Babe sering dijadikan bahan ejekan komika-komika lainnya. Tak jarang saat menyampaikan materi stand up, Babe sangat all out. Bersama Fico, Babe juga membintangi beberapa judul film layar lebar yang sama serta menjadi host di acara TV.

6. Ernest Prakasa

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Cowok berwajah oriental dengan mata sipit ini adalah juara 3 SUCI 1 tahun 2010. Setelah menjadi 3 besar SUCI, Ernest semakin intens mengadakan tur komedi di berbagai kota di Indonesia.

Bersama dengan teman-teman komika lainnya Ernest juga pada akhirnya terjun ke dunia peran di film layar lebar.

7. Cak Lontong

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Yuhuu, siapa yang tidak tahu dengan komika yang satu ini. Wajahnya lebih sering muncul di acara ILK (Indonesia Lawak Klub) sebagai panelis. Nama asli Cak Lontong adalah Lies Hartono, dan terkenal dengan jargonnya "Salam lemper".

Meskipun baru bermain di satu film layar lebar yaitu "Comic 8", Cak Lontong telah lebih dulu pernah menjadi pengisi acara di berbagai acara televisi. Gaya lawakan yang cerdas, dan menggunakan bahasa-bahas baku yang sulit dicerna masyarakat awam adalah ciri khas dari komika berusia 44 tahun ini.

8. Mongol Stres

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Komika yang satu ini juga memiliki karakter dan ciri khas yang tidak dimiliki komika lain. Mongol Stres memiliki nama lengkap Rony Imannuel ini dulunya seorang penginjil di gereja.

Dasar agamanya yang kuat sangat berbeda dengan materi komedinya yang cenderung vulgar dan asal nyeplos. Pria kelahiran Manado ini juga sangat totalitas saat berakting dalam setiap peran yang di percayakan padanya.

9. Arie Kriting

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Komika ini asli dari Indonesia Timur, yaitu Kendari. Namanya melejit sejak menjadi 3 besar SUCI3 di tahun 2012. Arie Kriting memiliki nama asli Satriaddin Maharinga Djongki sering membawakan materi mengenai kehidupan khas orang-orang di daerahnya, tak jarang dia juga membully dirinya sendiri saat membawakan Stand Up Comedy.

Logatnya yang khas dan nada bicara nya yang berbeda, membuat Arie memiliki nilai plus di hati pemirsa. Pria berusia 30 tahun ini, juga sukses membintangi berbagai judul film layar lebar di Indonesia.

10. Ge Pamungkas

Dari hasil Standup Comedy, mereka jadi artis, siapa idolamu?

Nama lengkapnya adalah Genrifinadi Pamungkas. Ge adalah juara 1 SUCI session 1 tahun 2010. Cowok 26 tahun ini dikenal sebagai komika yang totalitas dan mampu memperagakan berbagai macam adegan atau karakter. Dia juga mahir menirukan berbagai suara dalam berbagai ekspresi.

Kariernya juga semakin menanjak sejak ia terlibat dalam film Comic 8 tahun 2014 dan kemudian juga membintangi film layar lebar lainnya.