1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Fadila Adelin 10 Agustus 2015 23:38

Dahsyatnya Hiro Prabantoro! bikin mainan limbah kayu, dibeli Pentagon

Mainannya juga dibeli Hummer. Lebih dahsyat lagi, miniatur produksinya diekspor ke 5 benua!

Brilio.net -

Hiro Prabantoro (44) tidak pernah menyangka bahwa usaha miniatur mainan kayu miliknya tersebut dapat menembus pasar internasional bahkan hingga mendapat pesanan dari Pentagon, Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

 

Selama sembilan tahun terakhir, Hiro menekuni usaha mainan miniatur dari kayu. Produk yang dibuat Hiro bukan dari bahan baku kayu-kayu mahal, melainkan dari limbah kayu sisa industri furnitur dan kusen.

 

Dengan limbah kayu seharga Rp 300.000 per mobil, Hiro bisa menghasilkan 200-300 mainan miniatur. Pemasaran produk Hiro pun telah merambah lima benua. Produksi mainan miniatur itu juga telah dipasarkan di 22 negara.

 

Harga yang dipatok oleh Hiro untuk mainan hasil karyanya mulai dari USD 10 hingga USD 2.500 per mainan.

 

”Omsetnya nggak banyak, hanya mencapai Rp 75 juta per bulan. Tapi lumayanlah, hitung-hitung menghasilkan uang dari penyaluran hobi,” kata Hiro, yang juga bekerja sebagai asisten dosen di Magister Sistem Teknik Universitas Gadjah Mada itu.

 

Peminat mainan karya Hiro tidak main-main. Selain kolektor dari luar negeri, produk Hiro juga diminati oleh Pentagon, Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Melalui penjual perantaranya di negeri Paman Sam itu, Hiro memasok beberapa jenis miniatur kendaraan tempur sebagai suvenir bagi pejabat-pejabat di sana.

 

Miniatur produksi Hiro juga dipesan pabrik Hummer

BRILIO VIDEO

Cara Tak Tertular Saat Musim Flu Dan Batuk
Sebelum kena flu atau batuk, baiknya intip cara agar tak mudah tertular penyakit yang sering menyerang di musim hujan tersebut ya guys.

Selain dari Pentagon, pesanan juga datang dari pabrikan mobil yang harganya selangit dengan tampilan macho, Hummer. 

 

Hummer, juga memesan miniatur karya Hiro Prabantoro (44) untuk dijadikan model-model miniatur penjualan. Hiro juga telah menyelesaikan pesanan replika mesin Ferrari GTB 365 dengan skala satu banding satu untuk seorang kolektor di Australia. Untuk pesanan tersebut, satu replika mesin dihargai Rp 15 juta.

 

Sampai saat ini, Hiro mengaku telah memproduksi lebih kurang 1.000 unit miniatur per bulan. Desain dan model miniatur yang dihasilkan selama ini mencapai ratusan. Untuk jenis pesawat saja, Hiro telah membuat mulai dari wright brothers sampai jet tempur F-35. ”Total sudah sekitar 300 model,” kata bapak dua anak ini.

 

Hampir semua mainan miniatur dengan berbagai ukuran bisa dibuatnya. Namun, jenis yang paling sulit adalah panser atau tank karena banyaknya rincian struktur yang harus diperhatikan.

 

Hiro menuturkan, pembuatan miniatur replika tank membutuhkan banyak bahan baku, mencapai 2.000-3.000 potongan kayu. ”Waktu pengerjaan juga lama. Bisa mencapai satu bulan untuk mengerjakan 25 miniatur replika tank,” katanya.

 

Kreativitas Hiro menjadi wujud nyata potensi industri kreatif yang dimiliki anak negeri ini. Tak salah bila pemerintah mencanangkan industri kreatif sebagai salah satu unggulan Indonesia memasuki pasar global.

 

(brl/tis)

YOU MAY ALSO LIKE

Cowok Pintar vs Cowok Tajir
Kira-kira kalau harus milih, cewek lebih suka cowok pintar atau cowok tajir, ya? Yuk, cari tahu pendapat mereka hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Dahsyatnya Hiro Prabantoro! bikin mainan limbah kayu, dibeli Pentagon.
Mainannya juga dibeli Hummer. Lebih dahsyat lagi, miniatur produksinya diekspor ke 5 benua!
https://www.brilio.net/news/dahsyatnya-hiro-prabantoro-bikin-mainan-limbah-kayu-dibeli-pentagon-150810x.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?