Brilio.net - Kamu pasti tahu dong kalau mata cowok identik sering ngelirik ke mana-mana.  tapi bagaimana dengan mata cewek? Secara visual memang memiliki ketertarikan yang sama. Tapi, menurut buku Why Men DoAllign Leftn't Listen and Women Can't Read Maps karangan Allan dan Barbara Pearce, terdapat beberapa perbedaan antara mata cowok dan cewek . Hal tersebut berhubungan dengan biologi dan kebiasaan yang telah berlangsung ribuan tahu lalu.

Berikut brilio.net rangkum perbedaan tersebut di bawah ini, Minggu (8/11).

1. Cowok lebih tajam, cewek lebih melebar dalam pandangan

Cowok sering terlihat melirik cewek lain yang lewat di sebelahnya atau di depannya.  Padahal, cewek pun juga sering mengagumi cowok ganteng yang kebetulan melintas. Bedanya, cewek nggak perlu menoleh karena pandangannya lebih luas daripada cowok itu sendiri, dan pandangan cewek lebih dari 180 derajat. Ini terjadi karena mata cewek lebih banyak jenis kerucut dalam retinanya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Cowok andal melihat di dalam gelap

Bila malam tiba, sebaiknya jangan serahkan kemudi kendaraan kepada cewek. Karena cowok lebih mahir melihat di dalam gelap dibanding cewek,  ditambah otak kanan cowok memiliki kemampuan spesial. Cewek biasanya sulit melihat jarak jauh dalam kegelapan, kemampuan ruang terbatas pada sebagian cewek sulit menentukan arah laju kendaraan di malam hari.

3. Mata cewek bisa melihat lebih luas

Otak cowok dipersiapkan untuk berburu, melihat dalam sudut sempit, memfokuskan penglihatan supaya pusat perhatian pada hal khusus misal binatang buruan. Sedangkan cewek, sebagian terbiasa bertugas melindungi area tempat tinggal, otak cewek lebih terprogram mengolah informasi visual yang masuk dalam lingkup lebih luas. Ini salah satu alasan cewek lebih mudah mencari barang hilang daripada cowok karena otaknya lebih bisa memproses lebih banyak visual dalam satu waktu daripada cowok.

(brl/swh)