1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
27 Mei 2015 19:04

Cerita Rosa, obrolan masinis bikin lulus tepat waktu

"Saya berpikir kenapa tidak saya teliti saja kode bahasa mereka lagipula ini sesuai dengan jurusan saya di sastra Indonesia tentang linguistik."

Brilio.net - Siapa bilang kalau hobi itu tidak ada manfaatnya? Contoh saja Risdhyta Tiara Rosa. Berkat kecintaannya terhadap kereta api, penelitiannya dalam skripsi dan thesis pun mengambil tema kereta api.

"Waktu itu pas semester 6 saya lagi ngelamun di kereta, pas berhenti saya lihat masinis dan petugas stasiun ngomong dengan bahasa yang tidak saya mengerti," tutur Rosa kepada brilio.net, Kamis (27/5). "Dari situ saya berpikir kenapa tidak saya teliti saja kode bahasa mereka lagipula ini sesuai dengan jurusan saya di sastra Indonesia tentang linguistik."

Tak menunggu lama, Rosa langsung mengajukan judul itu kepada dosen pembimbing dan disetujui. Setelah itu selama hampir dua bulan, perempuan asal Kediri ini melakukan penelitian di kantor pusat Daop 8 Surabaya untuk meneliti kode bahasa di sana. "Waktu penelitian itu saya jadi dapat ilmu banyak tentang kereta api, jadi tambah cinta pokoknya dengan kereta api. Berkat kereta juga saya bisa lulus tepat waktu," lanjutnya.

Selepas lulus S1, Rosa langsung melanjutkan S2 di kampus yang sama dengan konsentrasi linguistik. Saking cintanya terhadap kereta, Rosa kembali mengajukan tema kereta api dalam judul thesisnya. "Kali ini temanya tentang penamaan kereta di seluruh Indonesia, kan unik itu ada gajayana, malioboro, argo anggrek, saya ingin mengulik sejarahnya penamaannya. Saat ini saya lagi keliling Surabaya, Bandung, Jogjakarta untuk mendapatkan data-datanya, doakan bisa lekas selesai," harap Rosa.

(brl/pep)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?